Ikan Lokal Ini Disarankan Dibudidayakan di Area Food Estate Kalteng

Ilustrasi - Pasar ikan. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 21 Juli 2021 | 18:10 WIB

SariAgri - Potensi ikan rawa gambut di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sangat besar. Jika dikembangkan secara optimal, budidaya ikan lokal ini bisa menjadi sumber usaha masyarakat sekaligus berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan pemerintah.

DPRD Kalteng melalui Komisi II Bidang Perekonomian dan sumber daya alam (SDA), terus berupaya mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja, agar melakukan langkah-langkah strategis dalam pengembangan budidaya ikan, khususnya ikan lokal.

Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter mendorong sekaligus meminta pemerintah pusat bersama daerah lebih optimal dalam mengembangkan budidaya ikan rawa gambut. Menurut Jimmy, dirinya bersama Komisi II DPRD Kalteng sering melakukan kunjungan ke sentra-sentra budidaya ikan untuk melihat langsung kondisi lapangan sekaligus menyerap aspirasi pembudidaya.

"Hasil dari kunjungan itulah yang kami sampaikan ke eksekutif (pemerintah provinsi). Bahan masukan kami juga untuk mendorong instansi terkait dalam menyusun dan melaksanakan program pengembangan budi daya ikan ini," ujarnya, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Ikan Lokal Ini Disarankan Dibudidayakan di Area Food Estate Kalteng
Penyaluran 500 Ribu Benih Udang Windu Dukung Pembangunan Kampung Perikanan

Dia berharap, program food estate yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, bisa menjadi salah satu contoh bagi wilayah lain. Program food estate yang dilaksanakan pemerintah pusat di Kalteng, lanjut dia, bukan hanya pertanian dan ternak tapi juga perikanan. Untuk itu, budidaya perikanan di lokasi food estate nantinya bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain.

"Kami menyarankan budidaya perikanan di lokasi food estate bisa difokuskan pada pengembangan ikan lokal Kalteng. Potensi ikan lokal ini sangat besar dan menguntungkan jika bisa dikembangkan secara optimal," pungkasnya.

Video terkait: