Apa Bisa Ikan Jadi Hewan Kurban? Begini Penjelasan dalam Alquran

Ilustrasi ikan makerel (Foto: Wikimedia)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Selasa, 20 Juli 2021 | 16:10 WIB

SariAgri - Hari Raya Iduladha merupakan momentum bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban yang akan disembelih tentunya memiliki kriteria tersendiri yang tertuang di dalam Alquran.

Namun terdapat opini masyarakat yang tertulis di dalam satu artikel maritimindonesia.co.id, di mana ia berfikir bahwa mengapa tidak berkurban selain kambing, domba, sapi dan unta. Dicontohkan hewan lain yang mungkin bisa digunakan untuk berkurban yaitu ikan.

Dalam opini tersebut ia mengatakan bahwa apabila ikan digunakan untuk berkurban, haruslah memiliki nilai yang tinggi seperti ikan kerapu, napoleon, tuna atau yang sejenisnya. Selain itu, bagi pemerintah, lanjut dia dalam artikelnya, langkah tersebut merupakan sebuah upaya untuk menyukseskan gerakan makan ikan bagi masyarakat.

Sementara itu, di dalam Alquran sudah tertulis jelas terkait hewan-hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan antara lain domba, kambing, sapi atau kerbau dan unta. Menurut hemat penulis, menambahkan hewan lain sebagai salah satu hewan kurban, merupakan perbuatan yang keluar dari ketentuan beragama.

Baca Juga: Apa Bisa Ikan Jadi Hewan Kurban? Begini Penjelasan dalam Alquran
Istiqlal Siap Gelar Ibadah Kurban Sesuai Prokes , Ini Jadwalnya

Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis, menjelaskan bahwa tidak semua hewan termasuk dalam kategori hewan kurban. Dia mengatakan ketentuan mengenai jenis hewan kurban telah difirmankan Allah SWT dalam Alquran surat Al Hajj ayat 28.

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa yang dimaksudnya dengan hewan kurban adalah bahimatul an’am.

“Kata bahimatul an’am itu oleh ulama tafsirnya hanya kepada unta, sapi, kambing atau domba. Itu yang dimaknai sebagai hewan yang boleh untuk dijadikan kurban,” jelasnya.

 Jadi jelas ikan tidak bisa dijadikan hewan kurban karena sudah keluar dari ketentuan agama.

Video Terkait