Melalui Kegiatan Ini KKP Jaga Kelestarian Ikan Asli Indonesia

Salah satu upaya yang dilakukan KKP dalam menjaga komoditas ikan asli Indonesia dengan restocking benih ikan. (KKP)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 15 Juli 2021 | 16:10 WIB

SariAgri - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) medukung ketahanan pangan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Salah satu upaya yang dilakukan dengan restocking benih ikan untuk menjaga komoditas ikan asli Indonesia.

“Selama pandemi, sektor perikanan digadang-gadang menjadi salah satu sektor pendukung ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu kuncinya adalah dengan restocking benih ikan agar produksi perikanan terutama komoditas ikan asli Indonesia dapat terus terjaga,” ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, TB Haeru Rahayu di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Menurut Tebe, restocking merupakan agenda prioritas rutin KKP. Selain untuk menjaga ketahanan pangan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi di perairan umum sebagai ekosistem yang seimbang, serta untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Melalui program prioritas KKP, salah satunya pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya air tawar yang berbasis kearifan lokal. Melalui upaya tersebut maka pemanfaatan sumber daya ikan di kawasan perairan Republik Indonesia oleh berbagai pihak harus dilakukan secara terukur dan selaras dengan prinsip ekonomi biru,” jelasnya.

Tebe mengungkapkan langkah konkret KKP dalam merealisasikan itu dengan memproduksi benih ikan secara massal. Kegiatan restocking, lanjut dia, akan menunjang kelestarian sumber daya ikan di alam.

“Langkah konkret yang KKP lakukan untuk merealisasikan itu semua, KKP melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) DJPB terus berupaya dengan memproduksi benih ikan secara massal, untuk memenuhi kebutuhan benih bagi pembudidaya secara umum, dan kebutuhan benih juga dilakukan untuk menunjang kebutuhan restocking benih ikan yang rutin dilakukan di perairan umum sebagai upaya menjaga kelestarian sumber daya ikan di alam,” tandasnya.

Baca Juga: Melalui Kegiatan Ini KKP Jaga Kelestarian Ikan Asli Indonesia
Kandas, Kapal Ini Diminta Ganti Rugi Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

Sementara itu, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi, Boyun Handoyo mengatakan produksi benih ikan lokal di balainya memang sudah rutin dilakukan. Salah satu tujuannya sebagai pelestarian plasma nutfah dan pemacuan stok ikan di perairan umum (alam) untuk menghindari kepunahan.

“Melalui restocking benih ikan lokal berupa Ikan Nilem dan Jelawat yang memang merupakan ikan asli di sungai Pulau Sumatera, diharapkan stok ikan di sungai tersebut akan pulih dan tetap lestari. Dan kami berharap kita bersama-sama dapat terus melestarikan komoditas ikan lokal tersebut, agar tetap dapat dinikmati oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi, maupun peningkatan pendapatan,” pungkasnya.

Video terkait: