KKP Upayakan Distribusi Ikan Selama PPKM Darurat Tak Terganggu

Pekerja menata keranjang ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Lampulo, Banda Aceh, Aceh. (Antara Foto/Syifa Yulinnas/aww)

Editor: M Kautsar - Kamis, 8 Juli 2021 | 23:00 WIB

SariAgri - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengupayakan agar distribusi ikan tidak terganggu agar konsumsi masyarakat terhadap makanan bergizi juga tidak terganggu saat penerapan PPKM Darurat.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Artati Widiarti mengajak gubernur dan bupati/walikota di beberapa wilayah Jawa dan Bali sesuai PPKM Darurat dapat memberikan akses di pintu keluar-masuk wilayah bagi kelancaran pengiriman dan distribusi hasil kelautan dan perikanan.

"Namun demikian, dalam pelaksanaan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dan Standar Operasional Prosedur sebagaimana yang ditetapkan," kata Artati Widiarti.

Tak hanya itu, Artati memastikan telah meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, kabupaten/kota di wilayah Jawa dan Bali untuk terus mendampingi pelaku usaha perikanan yang akan melaksanakan pengiriman dan distribusi hasil kelautan dan perikanan.

Ia mengemukakan bahwa tujuannya agar mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi ketentuan perjalanan sebagaimana aturan perundang-undangan yang berlaku.

Artati mengutarakan harapannya agar melalui upaya ini dapat menjaga ketersediaan ikan di pasar tradisional maupun modern.

Pada masa pandemi ini, lanjutnya, masyarakat banyak memanfaatkan pasar daring atau fitur e-commerce untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan.

"Ini menjadi berkah tersendiri bagi para pengolah dan pemasar hasil kelautan dan perikanan yang telah konsen memanfaatkan fitur e-commerce dalam mempertahankan omzetnya di tengah pandemi, sehingga perlu dijaga benar kemudahan dalam pendistribusian ikan hingga ke tangan konsumen," ujar Artati.

Dia pun memaparkan nutrisi pada ikan memang dibutuhkan oleh tubuh antara lain karena ikan mengandung protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh.

"Mari kita hentikan penyebaran COVID-19 dengan tetap di rumah saja dan konsumsi ikan untuk membangun imun tubuh," kata Artati.

Direktur Logistik Ditjen PDSPKP KKP, Innes Rahmania menyebutkan bahwa jajarannya telah menyiapkan stiker untuk ditempel pada moda angkutan sebagai tanda pengenal bagi kendaraan yang mengangkut/mendistribusikan hasil kelautan dan perikanan.

"Intinya stiker tersebut untuk memudahkan implementasi di lapangan sebagai tanda pengenal bagi kendaraan yang mengangkut/mendistribusikan hasil kelautan dan perikanan,” kata Innes.

Innes menegaskan bahwa penerbitan stiker ini membuktikan komitmen KKP untuk hadir dan turut memberikan kepastian usaha sektor strategis seperti angkutan bahan pangan berbasis perikanan.