Jaga Populasi, Dinas Perikanan Kota Semarang Tebar 1.500 Benih Ikan Nila

Dinas Perikanan Kota Semarang Tebar Benih Ikan Nila. (Sariagri/Aji Dewanto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 Juli 2021 | 19:20 WIB

SariAgri -  Untuk menjaga kelestarian alam dan menjaga populasi ikan di perairan umum, Pemkot Semarang melalui Dinas Perikanan melakukan penebaran benih ikan di beberapa sungai.

Salah satunya di sungai Kaligarang yang berada di kawasan Tinjomoyo, Banyumanik. Sedikitnya 1.500 benih ikan nila ditebar. Sebelumnya Dinas Perikanan juga menebar benih di sungai Semeru.

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, Nur Kholis, mengatakan penebaran benih ikan di perairan umum seperti sungai-sungai bertujuan untuk menjaga kelestarian alam sekaligus menjaga populasi ikan di perairan umum.

"Saat ini kan banyak sungai-sungai yang ditutup karena pembangunan, sungai-sungai menjadi kumuh karena tidak dirawat. Maka dengan penebaran benih diharapkan kelestarian alam dan populasi ikan di perairan umum tetap terjaga," ujar Nur Kholis, Kamis (1/6/2021).

Dalam penebaran 1.500 benih ikan nila di sungai Kaligarang, Nur Kholis didampingi Lurah Kecamatan Tinjomoyo, Dewi Meirijana bersama jajaran di Dinas Perikanan.

Lurah Meirijana memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Perikanan yang telah turut menjaga kelestarian sungai Kaligarang.

Baca Juga: Jaga Populasi, Dinas Perikanan Kota Semarang Tebar 1.500 Benih Ikan Nila
Soal Aturan PPKM Darurat, Begini Tanggapan Pedagang Ikan

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kota Semarang yang turut menjaga kelestarian sungai Kaligarang ini, semoga kedepannya bisa bermanfaat juga bagi masyarakat," ujarnya.

Meirijana berharap dengan penebaran benih ikan di sungai Kaligarang ini akan mengembalikan fungsi ekologis sungai sehingga dapat menjaga ketersediaan stock ikan dan keseimbangan lingkungan perairan.