Genjot PNBP, KKP Targetkan Rp12 Triliun pada 2024

Ilustrasi nelayan (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 1 Juni 2021 | 18:30 WIB

SariAgri - Direktur Perizinan dan Kenelayanan, Ridwan Mulyana mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan PNBP menuju Rp12 triliun pada tahun 2024 atau lebih tinggi jika dibanding tahun 2020 yang sekitar Rp600 miliar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mekanisme pasca produksi.

"Saat ini pemerintah tengah menghamornisasikan berbagai kebijakan pengelolaan perikanan tangkap agar dapat berkontribusi pada peningkatan PNBP tersebut yang menjadi program terobosan prioritas KKP," ujarnya.

KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menggelar bakti nelayan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Dia menegaskan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) subsektor perikanan tangkap untuk mensejahterakan nelayan. Semakin besar kontribusi PNBP perikanan tangkap terhadap pendapatan negara, lanjut dia, semakin terbuka ruang pembiayaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

"Tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan nelayan sebagai pelaku utama di sektor kelautan dan perikanan," ujarnya saat berdialog dengan nelayan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR Haerudin mengatakan sinergi dengan berbagai pihak harus ditingkatkan guna membangun sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih maju. Menurut dia, kegiatan bakti nelayan merupakan salah satu upaya pemerintah mensejahterakan nelayan.

Baca Juga: Genjot PNBP, KKP Targetkan Rp12 Triliun pada 2024
KKP Percepat Penerapan PNBP, Apa untungnya untuk Nelayan?

"Kegiatan Bakti Nelayan ini merupakan salah satu wadah untuk berdiskusi, mendengarkan aspirasi nelayan, melihat ke lapangan, akan menjadi bekal pemerintah untuk mengambil sebuah kebijakan. Tentu saja tujuan utamanya agar seluruh nelayan Indonesia sejahtera," katanya.

Haerudin meminta masyarakat nelayan mendukung dan terlibat aktif berbagai program KKP. Salah satunya dengan mengikuti program asuransi nelayan yang memberikan beragam manfaat. Pada kesempatan Bakti Nelayan di Kabupaten Garut ini KKP juga memberikan 1.000 paket sembako untuk nelayan. 

Video terkait:

Video Terkait