Mengungkap Penyebab Penurunan Hasil Tangkapan Ikan di Jepang

Ilustrasi ikan salmon. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 24 Mei 2021 | 11:00 WIB

SariAgri - Dalam beberapa tahun terakhir, industri perikanan Jepang mengalami penurunan hasil tangkapan ikan pacific saury, salmon dan cumi-cumi terbang. Penurunan hasil tangkapan ini diduga sebagai dampak pemanasan global.

Berdasarkan data Badan Perikanan Jepang, hasil tangkapan domestik ikan saury pasifik, salmon dan cumi-cumi terbang mulai menurun drastis sejak tahun 2014. Total hasil tangkapan pada 2019 sebesar 141.803 metrik ton turun 74,1 persen dari tangkapan tahun 2014.

Hasil analisis tren penurunan itu menunjukkan lokasi penangkapan ikan saury telah pindah ke lokasi lepas pantai. Selain itu tempat pemijahan cumi-cumi terbang juga telah menyusut serta tingkat keberlanjutan hidup salmon yang lebih rendah di lokasi pelepasannya.

Dari analisis itu disimpulkan penurunan hasil tangkapan karena yaitu pemanasan global dan perubahan iklim seperti kenaikan suhu air laut serta perubahan arus samudra.

Dikutip dari The Mainichi, pemerintah Jepang mulai mengambil langkah untuk mengatasi masalah itu dengan mendesak pelaku industri perikanan mengubah model bisnisnya dan mempertimbangkan semua dampak tindakan terhadap perubahan iklim.

Badan Perikanan Jepang akan menyiapkan langkah dan menyusun rencana bagi industri perikanan agar beralih ke sistem penangkapan ramah lingkungan dengan mendiversifikasi jenis ikan yang ditangkap dan mengubah metode penangkapanny pada awal Juni ini.

Selain itu, tindakan pencegahan akan dimasukkan dalam rencana dasar perikanan, kebijakan administrasi penangkapan ikan jangka menengah hingga panjang yang akan ditetapkan pada musim semi 2022.

Baca Juga: Mengungkap Penyebab Penurunan Hasil Tangkapan Ikan di Jepang
Disuntik Sperma Ikan Salmon, Krisdayanti: Ada Banyak Manfaat Lho!

ondisi buruk perikanan saat ini karena ke depan ada kemungkinan hasil tangkapan ikan tidak bisa kembali seoerti semula.

Badan Perikanan menekankan industri perikanan harus menangkap ikan menyesuaikan dengan sumber daya alam dan melakukan diversifikasi tangkapan dengan menggunakan metode penangkapan.

Cara ini untuk mengurangi risiko buruk berkepanjangan yang berpotensi merusak bisnis perikanan. Selain itu, Badan Perikanan akan membuat inovasi dan pengambangan kapal listrik penangkap ikan.

Video terkait:

Video Terkait