Saat Air Laut Surut, Warga Memancing Gurita di Pantai Carita

Masda (35) mencari gurita di sela batu karang saat air laut surut. (Sariagri/Dwi Rachmawati)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 20 Mei 2021 | 11:45 WIB

SariAgri - Saat air laut sedang surut, bebatuan karang di tepi Pantai Carita akan terlihat di permukaan laut. Masda (35) warga Carita, Pandeglang, Banten memanfaatkan situasi untuk mencari penghasilan tambahan dengan mencari gurita di celah batu karang.

“Setiap hari biasanya mulai dari jam 2 siang hingga jam 5 sore pokoknya pas air laut lagi surut saya cari gurita di pantai sini,” ujarnya saat ditemui SariAgri.id.

Menurut Masda, cukup banyak gurita yang terperangkap di antara batu karang saat air laut surut. Gurita yang didapatkan biasanya cenderung berukuran kecil hingga sedang.

Dalam kesehariannya Masda merupakan penggembala ternak domba. Menurut dia, mencari gurita saat air laut surut bisa sangat membantu perekonomiannya.

“Kalau lagi banyak bisa dapat 20-25 gurita sehari, tapi kalau lagi dikit bisa cuma 5-10 gurita, gimana kondisi pasang surut laut aja,” jelasnya.

Saat mencari gurita, dia menggunakan alat pancing sederhana dengan kail yang dipasang umpan kepiting. Kail yang sudah diikat dengan tali pancing kemudian digoyang-goyangkan ke permukaan air di sekitar batu karang.

“Jadi digoyang-goyangkan di air gini biar disangka itu ikan. Jadi gurita kan sembunyi di sela-sela batu bisa keluar dan makan umpan,” ungkapnya.

Masda menjual gurita hasil tangkapan ke pedagang pengepul gurita dengan harga Rp4 ribu-Rp5 ribu tergantung ukurannya.

“Gurita itu kan rasanya ya hampir sama dengan cumi, banyak banget restoran yang cari gurita buat dimasak. Kadang saya juga langsung jual ke restoran,” katanya.

Baca Juga: Saat Air Laut Surut, Warga Memancing Gurita di Pantai Carita
Miris, 5 Hewan Ini Akan Mati Setelah Berhubungan Seks dan Bereproduksi

Selain untuk memenuhi kebutuhan restoran, tidak jarang Masda menjualnya kepada warga lokal yang membeli gurita langsung ke rumahnya.

“Sering juga tetangga atau warga beli gurita langsung ke saya buat dimasak, bahkan orang-orang yang mancing di laut juga suka beli gurita untuk umpan mereka mancing ikan,” pungkasnya.

Video terkait:

Video Terkait