Menteri KP Minta Pembangunan Pelabuhan Onshore Segera Dilakukan

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menunjau lokasi bakal Pelabuhan Onshore di Pekalongan. Jateng, Kamis (29/4/2021). (KKP)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 30 April 2021 | 15:10 WIB

SariAgri - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengupayakan pembangunan Pelabuhan Perikanan Onshore di Pekalongan, Jawa Tengah bisa segera dilakukan. Meski begitu harus tetap melalui kajian komprehensif dan sesuai Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Lokasi pembangunan direncanakan pada lahan kosong di sebelah timur Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan yang merupakan tanah aset KKP dan pemerintah daerah.

"Tahun ini saya minta Dirjen PT (Perikanan Tangkap) segera melakukan feasibility study. Mudah-mudahan bisa secepatnya," ujarnya.

Kepala PPN Pekalongan Kurmawan menjelaskan, operasional Pelabuhan Onshore nantinya akan meningkatkan produktivitas pendaratan dari 13.490 ton menjadi 35.384 ton per tahun. Begitu juga dengan volume ekspor perikanan dari 1.012 ton menjadi 1.684 ton.

Jumlah kapal yang akan melakukan bongkar muat hingga penyerapan tenaga kerja juga semakin banyak.

"Unit pengolahan ikan juga otomatis nambah dari yang ada selama ini," ungkapnya.

Pendaratan ikan di PPN Pekalongan didominasi jenis siro, layang benggol, layang deles, tongkol abu-abu dan cakalang. Sepanjang tahun 2020 nilai produksinya Rp231,6 miliar.

Untuk diketahui, pendangkalan alur pelayaran, sedimentasi kolam pelabuhan dan banjir rob disinyalir menjadi penyebab tidak optimalnya pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kota Pekalongan.

Baca Juga: Menteri KP Minta Pembangunan Pelabuhan Onshore Segera Dilakukan
Optimalisasi Pelabuhan Tanjung Adikarto, KKP Gaungkan Manajemen Sedimentasi

Selain itu pendangkalan alur Sungai Loji yang menjadi jalur lintasan ke dermaga turut menghambat aktivitas bongkar ikan di PPN Pekalongan dan memilih bongkar muatan di pelabuhan lain.

Menteri KP, Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi PPN Pekalongan, Kamis (29/4/2021). Sebelumnya, dia bertemu dengan Wali Kota Pekalongan di Kantor KKP Jakarta terkait pembangunan Pelabuhan Perikanan Onshore untuk mengembalikan kejayaan industri perikanan di Pekalongan.

Video Terkait