Eksportir Peringkat 4, Indonesia Bisa Rebut Pangsa Pasar Ikan Hias Dunia

Ilustrasi Ikan Hias (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 22 April 2021 | 13:50 WIB

SariAgri - Pada periode 2016-2019 Indonesia berdasarkan data Trademap berada di peringkat keempat eksportir ikan hias dunia setelah Jepang, Singapura dan Spanyol. Atas dasar itu, Indonesia berpeluang merebut pangsa pasar ikan hias dunia.

“Bicara soal keyakinan, Insya Allah Indonesia akan menjadi negara pengekspor ikan hias nomor satu di dunia,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti.

Artati mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyiapkan roadmap pengembangan industri ikan hias secara nasional. Strategi itu diantaranya peningkatan produksi dan mutu, perdagangan dan promosi, konservasi spesies dan habitat ikan endemik, keterpaduan data dan informasi serta sosialisasi dan edukasi publik.

“Kami memiliki peran strategis tak hanya untuk menyiasati peluang pasar baru dan promosi, namun juga untuk lebih memacu dan meningkatkan pangsa pasar ikan hias Indonesia di dunia internasional,” ungkapnya.

Artati menjelaskaan industri ikan hias, tidak hanya ikan hias dan tanaman hias air saja, melainkan industri turunannya seperti aquarium, pernak-pernik aksesoris pelengkap, jasa perawatan aquarium dan lain-lain. Untuk itu, dia mengajak pemangku kepentingan untuk saling berkolaborasi dan bersinergi guna mendorong kemajuan industri ikan hias.

"Syaratnya (jika kita ingin jadi nomor satu) antara lain, semua pihak harus saling berkolaborasi dan bersinergi," katanya.

Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Machmud memaparkan nilai transaksi ikan hias global secara umum 6,8 miliar dolar AS di tahun 2019. Angka ini termasuk sarana pendukung seperti tanaman hias, pakan, akuarium dan lain-lain. Merujuk globenewswire.com, angka itu diprediksi naik menjadi 11,3 miliar dolar AS di tahun 2025.

Baca Juga: Eksportir Peringkat 4, Indonesia Bisa Rebut Pangsa Pasar Ikan Hias Dunia
Ternyata Kini Indonesia Jadi Salah Satu Negara Eksportir Ikan Hias Dunia

"Ini peluang untuk kita meningkatkan ekspor, Jadi orang sudah cenderung menikmati ikan hias sebagai upaya menyalurkan hobi dan kesehatan,” katanya.

Untuk diketahui, lima negara utama tujuan ekspor ikan hias Indonesia adalah Tiongkok, Amerika Serikat, Rusia, Kanada, dan Singapura. Berdasarkan angka sementara Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor ikan hias Indonesia pada periode Januari-Maret 2021 mencapai 9,2 juta dolar AS. Capaian ini yang terbesar dibanding empat tahun terakhir pada periode yang sama.

Berita terkait: