Pulihkan Perairan Pesisir, Inggris Targetkan Sebar 1 Juta Tiram Setahun

Ilustrasi tiram. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 14 April 2021 | 22:30 WIB

SariAgri - Pemerintah Inggris mulai menjalankan proyek ambisius pembangunan penetasan tiram untuk membantu program pembersihan perairan di wilayah pesisir.

Proyek pembangunan penetasan tiram pertama di Inggris itu dilakukan oleh University of Portsmouth dan Blue Marine Foundation dan direncanakan mampu menyediakan sejuta tiram setahun untuk membersihkan wilayah perairan Solent.

Melansir Mirror.co.uk, perairan Solent dahulu dikenal sebagai tempat berkembang biak tiram paling melimpah di Eropa. Tiram dulunya sangat berlimpah sehingga tiram mengalami zaman keemasan di zaman Victoria dan menjadi makanan pokok kelas pekerja.

Saat itu, sekitar 3.500 penjual memadati jalan-jalan London menjajakan tiram, dua tiram seharga satu sen. Pada tahun 1911, bisnis tiram bahkan mempekerjakan 150.000 orang.

Tetapi ledakan eksploitasi tiram tersebut menyebabkan kehancuran habitat tiram di alam, karena penangkapan ikan yang berlebihan dan pengerukan dasar laut. Stok asli kerang juga dihancurkan oleh parasit yang membuat mereka hampir punah di banyak daerah di seluruh Eropa, termasuk di Solent.

Dibangunnya penetasan tiram maka tiram muda yang dibesarkan di tempat penetasan akan dilepaskan ke daerah yang tertutup untuk penangkapan ikan, memungkinkan populasi tiram asli pulih kembali, mengurangi polusi dan meningkatkan keanekaragaman hayati.

Baca Juga: Pulihkan Perairan Pesisir, Inggris Targetkan Sebar 1 Juta Tiram Setahun
Perdana, Inggris Bangun Proyek Restorasi Tiram

Satu tiram mampu membersihkan 40 galon (200 liter) air laut setiap hari, mengurangi tingkat polusi laut. Habitat tiram di dasar perairan juga menyediakan tempat pembibitan berbagai ikan.

“Hambatan terbesar untuk pemulihan tiram asli adalah kurangnya tiram,” kata Dr Joanne Preston dari Universitas Portsmouth.

Proyek ambisius ini diharapkan akan menjadi cetak biru untuk proyek restorasi tiram di seluruh Eropa.