Logo Baru KKP Diduga Plagiat, Menteri Trenggono Akan Revisi

Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono dorong Startup untuk bisa baca kebutuhan pasar global. (Dok. KKP)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 7 April 2021 | 14:30 WIB

SariAgri -  Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, bakal merevisi logo baru kementeriannya yang memiliki kemiripan dengan salah satu badan usaha penyedia sistem manajemen cloud di Brasil, yakni Ongsys.

KKP berinisiatif ingin mengubah logo kementeriannya, sejak era Presiden Abdurrahman Wahid mereka tak pernah mengubahnya. Karena itu, Juru Bicara KKP, Wahyu Muryadi, menyatakan pihaknya mencegah adanya plagiarisme.

“Karena diduga ada kemiripan pola lingkaran dengan logo institusi lain, Menteri Trenggono memutuskan segera merevisi Permen (Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2021 tentang Logo KKP dan Penggunaannya). Prinsipnya kami mencegah mudarat plagiarisme, makanya logonya akan diganti yang tidak berisiko dianggap plagiat,” kata Wahyu.

Kabar tentang logo baru KKP yang memiliki persamaan visual dengan Ongsys beredar di media sosial dan perpesanan instan. Lantas sejumlah pihak menduga KKP melakukan plagiat.

Baca Juga: Logo Baru KKP Diduga Plagiat, Menteri Trenggono Akan Revisi
Menteri KKP Bertekad Bawa KKP Rebound Agar Bisa Berkontribusi bagi Ekonomi

Penggantian logo KKP sebelumnya diatur dalam PM Nomor 11 Tahun 2021 tentang Logo KKP dan Penggunaannya yang terbit pada 1 April 2021. Berdasarkan lampiran beleid itu, KKP menetapkan logo anyar berbentuk lingkaran empat sulur berwarna gradasi biru dengan lambang Garuda Pancasila di bagian tengah.

Simbol stilasi lingkaran memiliki makna kesinambungan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berdasarkan empat pilar kebangsaan. Sedangkan warna biru menggambarkan keterbukaan, inovasi, inspirasi, dan imajinasi. KKP menggunakan dua kombinasi warna biru, yakni biru cobalt dan biru muda.

“Terimakasih atas masukan dan kritiknya demi kebaikan dan perbaikan KKP,” pungkas Wahyu.

Video Terkait