Kasihan Sering Diketok, Begini 3 Teknik Mematikan Lele yang Tak Menyakiti

ilustrasi ikan lele. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 29 Maret 2021 | 19:30 WIB

SariAgri -  Ikan lele merupakan salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia. Ia memiliki harga yang terjangkau serta memiliki rasa yang gurih. Menu pecel lele begitu banyak di deretan jalan, hingga restoran. Ia biasanya disajikan sebagai lauk makanan sehari-hari.

Namun ikan lele termasuk salah satu ikan yang sulit untuk dimatikan secara total, meski kepalanya sudah diremukkan ia biasanya masih bergerak, bahkan ketika digoreng masih bergerak agresif.

Tentu ini membahayakan bagi yang menggorengnya, karena cipratan minyak panas bisa mengenai tangan. Karena itu, perlu mengetahui cara mematikan lele dengan cara yang tak menyakitkan.

Biasanya jika Sobat Agri memesan menu ikan lele di samping jalan, seringnya ikan marga claria ini sebelum digoreng, kepalanya digetok dengan benda keras, hingga matanya ditusuk agar cepat mati. Namun, cara ini tak praktis dan terkesan usang.

Ini 3 Teknik Mematikan Lele yang Tak Menyakiti, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Disembelih

Seperti menyembelih ayam, yang digorok daerah sekitar perut, tepatnya di bawah batok kepala ikan lele. Meski agar repot, tapi cara ini lebih manusiawi ketimbang kepala lele diketok.

2. Dimatikan dengan Garam

Usai ikan lele selesai ‘diberok’ atau dipuasakan, dan dibuang airnya, Kamu bisa taburkan 1-2 sdm garam halus di atas setiap 1 kilogram ikan lele. Aduk rata dengan sendok kayu bergagang panjang, agar tangan tidak dipatil.

Baca Juga: Kasihan Sering Diketok, Begini 3 Teknik Mematikan Lele yang Tak Menyakiti
Mengatasi Parasit Gyrodactylus sp. pada Ikan Lele

Kemudian tutup ember rapat-rapat. Biarkan beberapa saat, hingga ikan lele lemas, dan mati dengan sendirinya. Cara ini mematikan lele secara perlahan, karena ia merupakan ikan air tawar dan tidak biasa hidup di air asin.

3. Patahkan Leher

Cara ini perlu kehati-hatian, karena jika kurang hati-hati, bisa terkena goresan sirip ikan lele yang tajam. Adapun caranya pegang ikan lele erat-erat dengan kedua tangan, kemudian patahkan leher ikan lele hingga berbunyi 'krek'. Dipastikan ikan lele sudah tidak bergerak lagi, jika bergerakpun tidak agresif dan kemudian mati.