Bisnis Koi Di Garut Jawa Barat Seindah Warna Ikannya

Ikan Koi dalam sebuah kejuaraan ( Sariagri/ Jayadi)

Editor: Andry - Senin, 22 Maret 2021 | 16:50 WIB

SariAgri - Geliat bisnis ikan hias jenis koi di Garut, Jawa Barat semakin bergairah, para pecinta dan peternak ikan asal Jepang tersebut, menilai budi daya koi cukup menjanjikan, selain juga menghadirkan sensasi warna koi yang mempesona.

Peternak Ikan Koi Garut Ucu Bunyamin,  mengatakan, budi daya ikan koi di kota Intan Garut, terus tumbuh subur dalam setahun terakhir.

“Saya sendiri memulai budi daya sejak Juni 2019 lalu dan terus berkembang hingga kini,” ujarnya di sela-sela kejuaraan nasional ikan Koi Bupati Cup 1 di SOR Ciateul, Ahad (21/3).  

Menurutnya, datangnya musibah pandemi Covid-19 menghadirkan hikmah tersendiri. Para  warga dan pecinta koi, lebih betah berada di rumah mengembangkan budi daya koi. “Sekarang bisa dilihat sendiri banyak sekali pecinta ikan koi di Garut,” katanya.

Ucu menyatakan, awal mula bersinggungan dengan ikan koi tergiur melihat kesuksesan sahabatnya yang berada di kota Kembang Bandung, membudidayakan ikan koi.

“Awalnya saya dikasih,  sebulan kemudian saya ikuti lomba dan langsung juara,” ujarnya mengenang.

Gayung bersambut, beberapa ikan koi peliharannya seperti jenis matsuba dan kohaku seolah berjodoh dengan kejuaraan hingga akhirnya kerap menyabet juara.

“Mungkin lebih dari 20 kali ikan saya juara di berbagai perlombaan,” kata dia.

Bahkan beberapa ikan langganan juara miliknya, dihargai cukup fantastis di kalangan pecinta ikan koi di Jawa Barat. Paling mahal ada yan dihargai g Rp 25 juta, kalau yang biasa rata-rata Rp 5 juta sesuai dengan panjang ikan.

Untuk menghasilkan ikan koi berkualitas, Ucu sengaja menyulap halaman rumahnya yang berada di bilangan Sadang, Wanaraja menjadi penangkaran ikan koi berkualitas.

Tidak hanya itu, untuk menggairahkan budi daya ikan koi di Garut, Ucu mulai membangun pola kerja sama budi daya secara plasma dengan beberapa kelompok dan pecinta ikan koi di Garut.

“Asal punya kolam dan pakan, kami pasok anakan  atau burayak koi yang berkualitas,” katanya.

Kejuaraan bisa menaikan harga ikan koi (Sariagri/Jayadi)
Kejuaraan bisa menaikan harga ikan koi (Sariagri/Jayadi)

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Garut Sofyan Gani mengaku perkembangan pecinta koi di Garut naik signifikan dalam setahun terakhir.

“ Saat ini pehobi atau pecinta juga dan pembudiaya atau penghasil koi berkualitas, banyak dari di Garut,” kata Sofyan Gani.

Dengan pertumbuhan itu, Lembaganya tengah berupaya menjadikan Garut sebagai kawasan baru atau endemik baru ikan koi di Jawa Barat.

Baca Juga: Bisnis Koi Di Garut Jawa Barat Seindah Warna Ikannya
Tarik Minat Wisata, Garut Siap Gelar Kejuaraan Koi Nasional

“Kualitas air sangat mendukung, begitu pun lahan dan kawasan di Garut banyak kolamnya juga, termasuk pehobi juga banyak,” kata dia.

Untuk menyatukan mereka, telah terbentuk beberapa komunitas pecinta koi mulai KPKG atau Kelompok Pecinta Koi Garut yang lebih mengarah ke breeder atau budidaya, serta GKC Garut Koi Club, yang lebih mengarah ke pecinta atau hobi koi.

 

Video Terkait