7 Ikan Hias Cantik yang Bikin Akuarium Lebih Menarik

Ikan Silver Sailfin Molly. (Foter.com)

Penulis: Dera, Editor: Reza P - Jumat, 26 Februari 2021 | 18:50 WIB

SariAgri - Warna-warni ikan hias memang sangat memanjakan mata, bahkan memelihara ikan hias dinilai bisa menenangkan pikiran, memakan jentik nyamuk, hingga mengontrol tekanan darah.

Nah, agar akuarium Sobat Agri semakin menarik, intip yuks 7 jenis ikan hias cantik yang bisa kamu pelihara di rumah.

Ikan guppy

Ikan kecil yang masih dalam keluarga keluarga poeciliidae memiliki warna-warnanya yang cantik, gerakannya yang gesit membuat tingkah ikan ini di dalam akuarium menarik untuk dipandang. Ikan guppy termasuk jenis ikan yang mudah cara perawatannya.

Ikan molly

Ikan molly memiliki warna-warna yang cantik dan beragam. Ikan jenis ini sangat mudah perawatannya karena mampu beradaptasi dengan cepat. Ikan yang berasal dari Meksiko ini juga terkenal sangat mudah berkembang biak dan melahirkan anak dalam jumlah banyak.

Ikan neon tetra

Ikan hias ini memiliki tubuh yang kecil dan hidup berkelompok. Ikan neon tetra memiliki garis berwarna cerah neon di bagian tengah tubuhnya, menjadikan ikan ini tampak cantik, terlebih jika terkena cahaya dari lampu akuarium.

Ikan oscar

Ikan hias yang satu ini memiliki tubuh yang mudah membesar. Sehingga, jika Sobat Agri ingin memeliharanya, lebih baik siapkan akuarium yang besar atau akuarium tersendiri.

Corak warnanya yang belang-belang, membuat tampilan dari ikan ini tampak begitu unik sekaligus cantik. Ikan yang memiliki nama latin astronotus ocellatus ini memiliki habitat asli di sungai wilayah Amerika bagian utara mulai dari negara Peru.

Ikan dwarf cichlid

Ikan dwarf cichlid adalah jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil. Ukuran tubuhnya, hanya berkisar 10-12 cm. Bagi Sobat Agri yang memiliki akuarium kecil, ikan dwarf cichlid ini bisa menjadi pilihan.

Ikan Boesemani Rainbow

Sesuai namanya, ikan ini memiliki warna-warna cerah layaknya pelangi. Tingkahnya yang aktif dan cerdas membuat ikan ini cocok diletakkan di akuarium. Ikan dengan nama ilmiah sebagai melanotaenia boesemani ini juga suka hidup berkelompok.

Baca Juga: 7 Ikan Hias Cantik yang Bikin Akuarium Lebih Menarik
7 Ikan Air Tawar Paling Sering Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

Ikan zebra

Ikan zebra atau danio rerio adalah salah satu spesies ikan bermarga danio dari keluarga siprinide. Ikan ini pun sangat mudah perawatannya. Nama zebra diambil dari bentuk tubuhnya yang memiliki garis-garis horizontal layaknya zebra.

Ikan zebra memiliki tubuh yang kecil hanya sepanjang 3-5 cm. Untuk warna, ikan ini cukup cantik dengan tampilan semburat warna biru kehitaman dan jingga kekuningan.