Potensi Gurita Tangkap Menggiurkan , Namun Terkendala Pemasaran

Nelayan sedang menangkap gurita (Sariagri/Dok: Jakesda)

Editor: Andry - Senin, 22 Februari 2021 | 10:15 WIB

SariAgri -  Gurita bisa menjadi salah satu sumber daya kelautan yang patut diperhitungkan secara ekonomi. Desa Uwedikan, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah misalnya, menjadi salah satu daerah yang sangat potensial penghasil moluska berjenis Cephalopoda ini.

Di Desa Uwedikan sendiri memiliki mayoritas nelayan penangkap gurita baik yang berskala kecil maupun tradisional. Namun, menyoal pemasaran yang dilakukan nelayan gurita di desa tersebut cukup minim, membuat distribusi gurita terbilang masih kurang baik.

Untuk memberikan angin segar bagi nelayan gurita di Uwedikan, Jaring Advokasi Sumber Daya Alam (Japesda) Gorontalo melakukan program pemberdayaan dan melakukan pendataan hasil tangkapan laut nelayan khususnya tangkapan gurita.

“Setiap hari, kami melakukan pendataan mulai dari jumlah tangkapan nelayan, bobot hingga jenis kelamin gurita. Data-data ini kemudian kami kembalikan ke nelayan, dan didistribusikan ke pemerintah,” kata Direktur Japesda, Nurain Lapolo


Perempuan yang akrab disapa Ain itu menjelaskan bahwa informasi dari hasil pendataan yang dihimpun oleh Japesda akan dikembalikan kepada nelayan, agar nelayan dapat menentukan sendiri pola penangkapan gurita yang berkelanjutan.

Japesda merupakan NGO (Non-Governmental Organization) yang telah melakukan program konservasi dan pengelolaan perikanan berbasis masyarakat khususnya gurita di desa tersebut. Program yang mereka lakukan sudah berjalan hampir setahun.

Sementara itu , Bupati Kabupaten Banggai, Herwin Yatim mengutip data  dari Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) ,  Luwuk Banggai  telah mengekspor hasil kekayaan laut wilayahnya sebesar 20,5 ton atau senilai Rp. 1,1 miliar ke Meksiko.

Dari data tersebut, Herwin  Yatim mengungkapkan  bahwa ekspor hasil laut sangat membanggakan dan itu menjadi potensi yang besar di wilayahnya. Untuk itu ia mengajak agar wilayah laut dapat dijaga dan dikelola dengan baik.

Baca Juga: Potensi Gurita Tangkap Menggiurkan , Namun Terkendala Pemasaran
PPN Sungailiat Target Produksi 4.860 Ton Ikan Tangkapan Nelayan



“Marilah kita serius menjaga dan mengelola wilayah kita yang sangat besar potensinya. Bersama-sama kita bersinergi bersama masyarakat pesisir, pemerintah desa hingga provinsi,” terang Bupati Herwin.