IPB University dan KKP Sepakat Gelar Riset Kolaborasi

Kegiatan nelayan bongkar muat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat (Sariagri/ Doni)

Editor: M Kautsar - Rabu, 17 Februari 2021 | 17:10 WIB

SariAgri - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan IPB University sepakat untuk melakukan riset kolaborasi. Keputusan ini terungkap saat rombongan IPB University yang dipimpin Rektor Prof Arif Satria diiterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono dalam audiensi di Jakarta, Selasa (16/2).

Dalam pertemuan ini, dapat disimpulkan bahwa pembangunan perikanan nasional perlu didorong untuk mempercepat peningkatan nilai produk dan pemanfaatannya melalui tiga pilar program. 

Terutamanya, program di bidang perikanan tangkap untuk selective species, bidang budi daya ikan high value species dan bidang kesejahteraan masyarakat.

IPB University melalui FPIK akan menindaklanjuti kesepakatan ini dengan pembuatan roadmap penelitian dari tiga program utama tersebut. Dalam implementasinya IPB University akan bekerja sama dengan Badan Riset Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Harapannya melalui tiga program utama tersebut FPIK IPB University dapat berperan dalam membantu pembangunan perikanan nasional. Yakni melalui program optimalisasi penangkapan dan budidaya ikan target tertentu yang memiliki nilai harga tinggi seperti ikan tuna untuk penangkapan dan jenis ikan salmon dan lobster.

“Pendekatan yang digunakan adalah memanfaatkan teknologi dan keilmuan yang dimiliki para pakar IPB University untuk menjawab permasalahan kebutuhan sumber daya perikanan, tantangan pasar, keseimbangan ekologi, peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat nelayan khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya,” ujar Arif.