A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/opt/alt/php80/var/lib/php/session/ci_session69fm0h0khnl91vn84s9dhme1ibfp35g4): Failed to open stream: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /opt/alt/php80/var/lib/php/session)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Menyelam di Surga Bawah Laut Situbondo - Perikanan sariagri.id

Menyelam di Surga Bawah Laut Situbondo

Menyelam di surga bawah laut Situbondo, Jawa Timur. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Kamis, 14 Januari 2021 | 21:01 WIB

SariAgri - Bagi wisatawan hobi menyelam, mengisi waktu libur di akhir pekan dengan olah raga menyelam di laut lepas adalah suatu kegiatan menyenangkan. Selain bertujuan melepas penat pascalima hari bekerja, melalui menyelam juga bisa membuat pikiran segar karena bisa melihat keanekaragaman hayati dasar laut.

Salah satu lokasi menyelam yang menarik dan patut disinggahi para penyelam yakni di perairan pasir putih Situbondo, Jawa Timur.

Untuk bisa mencapai lokasi menyelam yang dituju sejauh 30 mil atau sekitar 48 kilometer, dibutuhkan menyewa perahu motor milik nelayan.

Debur ombak kecil dan angin pantai semilir membuat perjalanan terasa nyaman dan membuat wisatawan betah berlama-lama di tengah laut. Ditambah cuaca cukup cerah mendukung semangat penghobi diving untuk segera menyelam.

“Bosan di rumah saja selama pandemi Covid-19 bagi yang work from home atau pekerja yang penat dengan rutinitas kantoran wajib datang ke sini, menyelam sambil wisata, selain asyik juga dapat ilmu biota laut yang ada di perairan Situbondo,“ kata Ariani, para anggota Komunitas Pecinta Biota Laut (KPBL) kepada SariAgri.

Di samping mengamati ragam kekayaan biota laut, komunitas ini juga merekam seluruh satwa maupun tumbuhan laut dan karang yang ada dengan menggunakan kamera under water.

Keindahan bawah laut Situbondo diakui anggota KPBL bagaikan surga yang mempesona.

Banyak ikan dan aneka satwa laut lainya hidup dengan bebas di sela-sela batu karang maupun tumbuhan bawah laut sekitarnya. Tercatat sejumlah daftar ikan hias laut masih terjaga kelestariannya di perairan Situbondo seperti yellow tang, butterfly fish, blue devil, clownfish, dottyback, dan botana blue tang.

“Yang paling banyak tadi yellow tang dan botana blue tang. Dua jenis ikan hias laut ini masih terjaga populasinya meski terkadang sering diburu orang untuk diperjualbelikan di pasar bebas,“ ujar Ariani.

Seingat Ariani, dirinya masih melihat ada tanaman hias laut jenis Edwardsiella ichtaluri dan Streptococcus agalactiae diantara biota laut lainya. Umumnya dua jenis tanaman hias laut yang baru saja disebutkannya itu kerap diambil nelayan atau penghobi aquarium untuk dijual atau diekspor ke luar negeri.

“Potensi pasarnya cukup luas mas, kedua jenis tanaman hias tadi itu banyak peminatnya di luar negeri. Harganya bisa mencapai puluhan dolar. Yang saya justru tidak menemukan tadi antara lain, jenis tanaman hias kriptantu yakni seperti bintang laut berwarna merah berukuran mini dan tanaman windelov yang bisa tumbuh tinggi mencapai 20 centimeter dengan lebar yang sama,” ujar dia.

Ariani menuturkan Indonesia sejatinya kaya ragam hayati dengan jumlahnya mencapai ribuan. Jika dilestarikan dengan baik akan mendatangkan devisa negara dalam bentuk kunjungan wisatawan.

“Khusus para penyelam yang ingin melihat keindahan bawah laut, saya kira Indonesia tidak kalah dengan Negara lain. Asalkan dijaga bersama agar kekayaan laut ini bisa mendatangkan devisa bagi negara dan menumbuhkan bisnis kuliner yang mampu meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan maupun warga di sekitarnya,” kata dia.