4 Makanan Ini Bisa Buat Warna Ikan Cupang Jadi Semakin Cerah

Peternakan - Ilustrasi Ikan Cupang

Editor: Reza P - Selasa, 12 Januari 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Masih menjadi topik hangat di berbagai kalangan, tren memelihara ikan cupang ramai hingga saat ini. Salah satu daya tarik yang membuat banyak orang menyukainya adalah warna dari ikan cupang.

Namun, untuk Sobat Agri yang sudah memelihara ikan cupang, kamu bisa membuat warna ikan berukuran mungil ini semakin cerah dan cantik. Adapun beberapa makanan yang dapat membuat ikan cupang berwarna semakin cerah, berikut ulasannya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Daphnia

Daphnia adalah salah satu jenis kutu air yang bisa dijadikan makanan untuk meningkatkan warna ikan cupang. Daphnia juga merupakan sumber pigmen karotenoid, yang dapat mempengaruhi warna ikan cupang dan memang sudah terkenal sebagai makanan hidup yang populer di pemelihara ikan hias.

Spirulina

Menurut artikel yang dirilis oleh The Nest, spirulina merupakan alga mikro yang memberi manfaat kesehatan dan warna pada ikan hias. Saat ini juga sudah banyak pakan ikan hias yang mengandung spirulina.

Salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang sudah banyak dipercaya oleh kelompok pecinta ikan hias untuk meningkatkan warna ikan cupang. Namun, ada sejumlah takaran yang membuat ikan cupang tidak boleh makan salmon terlalu banyak.

Hal ini disebabkan karena nutrisi yang terkandung dalam salmon terlalu tinggi bagi ikan cupang. Kamu dianjurkan untuk memberinya 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Buat Warna Ikan Cupang Jadi Semakin Cerah
High-five Kembangkan Akuakultur Vertikal Perkotaan Pertama di Dunia

Brine shrimp atau udang air asin

Menurut situs Betta Care Fish Guide, Memberi makan ikan cupang dengan brine shrimp dapat meningkatkan warna ikan hias, hal ini juga berlaku untuk ikan cupang. 

Crustacea biasanya merupakan sumber utama pigmen karotenoid yang dapat meningkatkan warna merah dan kuning pada ikan. Selain itu, manfaat lain dari brine shrimp membuat ikan terbebas dari penyakit.