Manfaat Kerang Hijau yang Jarang Diketahui

Kerang hijau (Wikimedia Commons)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 21 Desember 2020 | 20:45 WIB

SariAgri - Kerang hijau disebut-sebut sebagai makanan laut favorit masyarakat karena rasanya lezat dan bergizi. Selain itu kerang hijau banyak dikonsumsi karena harganya lebih murah dibandingkan ikan atau kepiting. Kerang hijau dapat dengan mudah ditemui di warung seafood di pinggir jalan hingga restoran besar.

Kerang hijau mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat kerang hijau untuk kesehatan seperti dilansir StyleCraze.com:

Mengobati nyeri sendi

Kerang hijau adalah makanan laut yang kaya nutrisi seperti zat besi, betain dan glycoaminoglycans seperti chondroitin sulfate. Semua zat ini bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi dan kekakuan sendi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi kerang hijau secara teratur dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri. Kerang hijau juga meningkatkan penyembuhan luka dengan mengintensifkan dan mempercepat pembentukan antibodi.

Baca Juga: Manfaat Kerang Hijau yang Jarang Diketahui
Malaysia Siapkan Dua Strategi untuk Majukan Sektor Pertanian

Meningkatkan kesehatan kulit

Kerang hijau juga bermanfaat bagi kulit. Makanan laut ini telah terbukti dapat mengangkat kembali sel-sel kulit. eradangan merupakan salah satu penyebab penuaan kulit. Kerang hijau kaya akan zinc dan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain itu, kekurangan asam lemak omega-3 dan zinc merupakan salah satu penyebab psoriasis dan eksim. Keduanya dapat dicegah dengan memasukkan remis berbibir hijau ke dalam makanan. Suplemen yang terbuat dari ekstrak kerang hijau meningkatkan elastisitas kulit sehingga memperlambat proses penuaan.