Lestarikan Lingkungan, Santri Bersihkan Sungai dan Tebar Benih Ikan

Santri NU bersama elemen masyarakat membersihkan sungai sebelum menebar ikan ( Sariagri/ Arief L)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:15 WIB

SariAgri - Dalam upaya melestarikan lingkungan sungai, ratusan santri bersama sejumlah elemen warga di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, melakukan kegiatan bersih-bersih sungai sekaligus tebar benih ikan.

Aksi peduli kelestarian sungai yang difokuskan disepanjang bantaran Sungai Cokromenggalan Kecamatan Ponorogo ini, melibatkan ratusan santri bersama warga, anggota TNI-Polri dan relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan perubahan iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Kabupaten Ponorogo.

Sasaran pembersihan diantaranya memungut sampah plastik yang berserakan di sekitar sungai hingga yang ada di dalam air. Termasuk pula banyaknya ranting dan bambu kering yang dapat menghambat aliran air.

Pembersihan sampah di sungai ini dilakukan selain dengan cara santri menyeburkan diri juga dilakukan dengan bantuan perahu karet menyisir sepanjang aliran sungai.

Ribuan benih <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/18924/Ikan.html'>ikan</a> dibawa untuk ditebar di sungai (Sariagri/Arief L)
Ribuan benih ikan dibawa untuk ditebar di sungai (Sariagri/Arief L)

"Kami ingin masyarakat turut menjaga kelestarian sungai sebagai sumber mata air untuk kebutuhan mengairi sawah, mencari ikan dan bahan baku memandikan ternak. Jika air sungai bersih maka kehidupan yang ada di sekitar sungai juga akan sehat," papar Novi Trihartanti, Ketua LPBI NU Ponorogo kepada Sariagri, Rabu (28/10).

Baca Juga: Lestarikan Lingkungan, Santri Bersihkan Sungai dan Tebar Benih Ikan
Mencetak Santripreneur Jadi Petani Tambak Udang Vaname Sistem Bioflok

Selain itu, imbuh Novi, upaya menjaga kebersihan sungai ditujukan untuk mencegah terjadinya banjir hingga tanah longsor yang kerap menjadi bencana tahunan di musim penghujan.

Usai melakukan aksi bersih-bersih sungai, kegiatan dilanjutkan dengan menebar ribuan benih ikan mujaer dan nila di  Sungai Cokromenggalan. Nantinya hasil tebar ikan ini bisa diambil manfaatnya oleh warga sekitar sebagai lauk maupun dijual untuk tambahan pemasukan ekonomi keluarga. (Sariagri/Arief L)

Video Terkait