Bantu Nelayan Probolinggo, KKP Serahkan Bantuan Alat dan Kredit

Berita perikanan - Bantuan KKP untuk para nelayan terdampak Covid-19 (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:31 WIB

SariAgri - Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP) menyerahkan bantuan untuk para nelayan yang terdampak pandemi Covid-19 di di tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. kkp menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako dan alat angkut hasil tangkapan ikan berupa motor roda tiga yang dilengkapi dengan fullbox, size freezer, dan juga bantuan dibidang permodalan sebesar Rp19 miliar yang diberikan kepada 452 orang debitur.

Menurut Plt Dirjen Perikanan Tangkap, Muhammad Zaini, pandemi Covid-19 memukul jatuh hampir semua sektor ekonomi termasuk pada nelayan. Karena itulah, pihaknya bersama Komisi IV dpr RI menyalurkan bantuan paket sembako dan alat tangkap ikan bagi nelayan.

“Pasar kita ini sekarang sedang lesu, baik dalam maupun luar negeri. Sehingga permintaan ikan menurun. Sementara produksi tetap berjalan, akibatnya harga menjadi sangat murah. Oleh karenanya pemerintah sudah membuat terobosan berupa bantuan sosial. Baik dalam bentuk KKB (Kartu Kompensasi BBM) maupun non-KKB,” kata Zaini kepada SariAgri, Rabu (28/10).

Diharapkan bantuan tersebut menjadi stimulus bagi nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapannya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin mengatakan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan, pendidikan keluarga mereka juga harus ditingkatkan agar tidak tertinggal.

Oleh karena itu, pada tahun 2021 mendatang, dirinya meminta pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak nelayan. Salah satunya dengan membangun SMK bidang kelautan yang berada di bawah naungan KKP.

“Bantuan dan dukungan tahun anggaran 2021 dari Kementerian KKP berupa alat maupun infrastruktur mendukung bagi para nelayan baik yang ada di pelabuhan kecil maupun besar yang ada di wilayah Indonesia, termasuk pendidikan bagi keluarga nelayan,” urai Hasan.

Komisi IV juga akan mendorong pemerintah untuk lebih intens memberikan bantuan kredit ringan bagi para nelayan sebagai modal usaha atau pengadaan alat tangkap ikan. (Sariagri/Arief L)

Video Terkait