6 Jenis Pakan yang Bikin Warna Ikan Cupang Semakin Cantik dan Menggoda Mata

Ilustrasi ikan cupang (Foto: Unsplash)

Editor: Dera - Rabu, 28 Oktober 2020 | 09:00 WIB

SariAgri - Tren memelihara ikan cupang kini mengalami peningkatan seiring banyaknya aktivitas masyarakat di rumah selama pandemi COVID-19. Bagi pemula, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya agar ikan cupangmu tumbuh dengan baik dan memilki warna cantik. 

Salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ikan cupang yaitu jenis pakan yang diperlukan mulai dari ikan menetas hingga ikan dewasa. Berikut enam jenis pakan ikan cupang yang perlu pemula ketahui:

1. Kutu Air

Merupakan makanan favorit burayak (anakan cupang), biasanya diberikan 4 hari setelah telur menetas. Kutu air untuk pakan cupang adalah kutu air raksasa atau Daphnia sp dan kutu air yang berukuran kecil yaitu Moina sp. Pasalnya, kutu air memiliki kandungan lemak yang sedikit namun dapat memperkuat tulang sekaligus membuat warna ikan cupang semakin cantik.

Ilustrasi kutu air (Istock)
Ilustrasi kutu air (Istock)

2. Artemia

Sejenis udang purba yang berukuran sangat kecil, ukuran dewasanya hanya 10-12 mm sementara artemia yang menetas berukuran 0,35-0,45 mm. Untuk burayak hanya bisa diberikan artemia yang baru menetas.

Artemia memiliki kulit sangat tipis dan lunak sehingga mudah dicerna oleh burayak. Kandungan protein dan asam amino artemia cukup tinggi. Kandungan asam aminonya adalah 7 mg dari berat total keringnya.

Ilustrasi Artemia (Istock)
Ilustrasi Artemia (Istock)

3. Jentik nyamuk/Encu

Merupakan makanan ikan yang paling tinggi kandungan proteinnya. Mudah didapatkan namun hanya bertahan 5-6 hari sebelum akhirnya berubah nyamuk dewasa. Kandungan nutrisi jentik nyamuk yaitu protein 15,58%; lemak 7,81%; serat 3,46%; dan abu 1,4%.

Ilustrasi jentik nyamuk (Istock)
Ilustrasi jentik nyamuk (Istock)

4. Cacing sutera

Cacing sutera sangat mudah ditemukan di alam bebas, biasanya hidup di tempat yang kotor seperti selokan. Tapi kini cacing sutera banyak ditemukan di toko ikan hias, banyak petani yang membududayakan cacing sutera untuk makanan ikan.

Cacing sutera atau tubifex sp memiliki karakteristik fisik tipis dan panjangnya hanya 1-2 cm, kandungan lemak dan proteinnya cukup tinggi sehingga cocok untuk pembesaran ikan lebih cepat.

Cacing sutera juga kini banyak dijual dalam bentuk yang sudah dibekukan. Cacing sutera hidup perlu perawatan ekstra supaya tidak cepat mati. Dengan dibekukan maka cacing bisa tahan dalam freezer selama satu bulan.

Baca Juga: 6 Jenis Pakan yang Bikin Warna Ikan Cupang Semakin Cantik dan Menggoda Mata
Empat Hal Penting untuk Jaga Kesehatan Ternak

5. Udang

Banyak yang tidak tahu bahwa makanan ikan terbaik ikan cupang adalah udang. Udang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecantikan ikan cupang. Ekor lebih cepat tumbuh dan warnanya menjadi lebih cepat keluar (mutasi). Caranya, potong kecil-kecil daging udang lalu berikan kepada ikan cupang langsung. Sangat mudah dan praktis karena udang mudah ditemukan di mana saja.

6. Pelet

Merupakan makanan ikan cupang yang praktis dan mudah didapatkan, ukurannya pun variatif dari yang paling kecil seperti tepung hingga yang cukup besar untuk ikan dewasa. Pelet terdiri dari beberapa jenis pakan ikan yang diolah sehingga baik untuk pertumbuhan dan warna ikan. (Sariagri/Aretha Luvi)