Selain Bisa Bersihkan Akuarium, Ini Fakta Unik Ikan Sapu-sapu

Ilustrasi Ikan sapu-sapu (Steemit.com)

Editor: Dera - Rabu, 21 Oktober 2020 | 15:30 WIB

SariAgri - Ikan sapu-sapu mungkin sudah tak asing lagi didengar. Ya, sesuai dengan namanya, ikan yang satu ini memang dikenal sebagai 'pembersih akuarium'.

Ikan yang juga dikenal dengan nama ikan bandaraya ini merupakan sekelompok ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan yang termasuk dalam famili Loricariidae. Ciri dari ikan sapu-sapu yaitu memiliki badan yang tertutup oleh sisik keras dan bercorak bintik-bintik. 

Hewan omnivora oportunistik ini juga biasanya mengonsumsi alga atau lumut. Tak heran jika penggemar ikan hias pasti akan mengincar ikan sapu-sapu untuk membersihkan kaca aquarium mereka secara alami.

Sobat Agri tak perlu khawatir, karena ikan sapu-sapu juga bisa hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja dan diperdagangkan dalam ukuran kecil atau sedang. Meskipun demikian, ia bisa tumbuh sepanjang 60 cm dan menjadi kurang aktif dan kurang bersahabat.

Baca Juga: Selain Bisa Bersihkan Akuarium, Ini Fakta Unik Ikan Sapu-sapu
Selokan Mataram Akan Dimanfaatkan untuk Lahan Pertanian dan Perikanan

Adapun fakta unik lainnya yaitu mereka sangat mudah beradaptasi dan bisa hidup di air tawar atau payau. Kebanyakan dari mereka hidup di daerah sungai. Bahkan mereka juga dapat hidup di luar air atau dalam kondisi kering selama 30 jam. 

Biasanya ikan sapu-sapu akan membuat lubang besar di dalam lumpur untuk bertelur. Namun, ikan sapu-sapu merupakan ikan invasif yang bisa mengancam populasi ikan lainnya karena dapat merubah struktur fungsi ekosistem.