Konsumsi Ikan Ditargetkan 62 Kilogram per Kapita per Tahun pada 2024

Pedagang jual Ikan cakalang segar di pasar Mardika, Ambon (Antara/John Soplanit)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Rojes Saragih - Senin, 24 Agustus 2020 | 13:54 WIB

SariAgri - Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP) menargetkan tingkat konsumsi ikan 62 kilogram per kapita per tahun pada 2024. Untuk merealisasikannya, kkp siap bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk swasta dan lembaga pendidikan.

"Angka konsumsi ikan nasional pada 2019 adalah 54,9 kilogram per tahun. Kami menargetkan angka konsumsi ikan nasional pada 2024 mencapai 62,05 kilogram per kapita," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

KKP, lanjut Edhy, telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan, termasuk menggalakkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan. Selain itu, telah dibangun pasar ikan modern dan berbagai kebijakan untuk memperkuat distribusi logistik perikanan domestik.

KKP telah memberikan pelatihan pengolahan berbagai komoditas kelautan dan perikanan. Pelatihan ini sebagai upaya menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam mengolah ikan yang bisa menjadi sumber pendapatan keluarga.

"Kami siap bekerja sama dengan Universitas Binawan untuk mengatasi stunting dan menyebarluaskan gemar makan ikan," katanya.

Plt Rektor Universitas Binawan Ayu Dwi Nindyati juga mengatakan siap bekerja sama dengan pemerintah dalam mengurangi stunting atau kekerdilan di Indonesia. Menurut dia, hal itu penting karena stunting dapat memiliki efek yang berkelanjutan hingga ke kualitas generasi penerus bangsa.

Dekan FKM Univ Binawan Agung Cahyono Triwibowo menambahkan, stunting menjadi masalah utama, karena diperkirakan Indonesia masih memiliki prevalensi hingga sekitar 30 persen padahal batasan menurut who seharusnya dalam kisaran 10-20 persen. Untuk itu, penting agar budaya makan ikan dapat terus ditingkatkan sehingga menjadi sumber protein utama.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengingatkan pentingnya menghasilkan produk perikanan, khususnya bagi umkm di berbagai daerah karena konsumsi ikan tumbuh paling pesat secara global di antara sumber protein lainnya. Menurut FAO, konsumsi ikan tumbuh 3,1 persen per tahun, lebih besar dibanding rata-rata konsumsi sumber protein lain yang hanya sekitar 2 persen.

Baca Juga: Konsumsi Ikan Ditargetkan 62 Kilogram per Kapita per Tahun pada 2024
KKP Siap Luncurkan 500 Produk UMKM Perikanan

Menurut Teten, data ini penting mengingat 96 persen dari pelaku usaha sektor perikanan di tanah Air adalah UMKM. Apalagi, saat ini perikanan mendapat persepsi atau pandangan dari banyak orang sebagai makanan sehat.

"Kita punya laut yang begitu luas, sehingga kita mesti mengubah cara konsumsi agar lebih banyak mengonsumsi ikan," pungkasnya.