KKP Ajak Masyarakat Tak Buang Sampah ke Laut

Ilustrasi nelayan (Pixabay)

Penulis: M Kautsar, Editor: Rojes Saragih - Senin, 17 Agustus 2020 | 14:00 WIB

SariAgri - Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP) mengampanyekan pelestarian laut kepada masyarakat agar tidak membuang sampah laut. kkp juga mengajak masyarakat untuk tidak mengonsumsi telur penyu di taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Aryo Hanggono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk Kampanye KKP dalam menjaga alam dan pelestarian penyu yang diselenggarakan Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru.

"Imbauan tersebut sekaligus tertulis pada masker yang telah dibagikan kepada masyarakat. Selain itu pembagian vitamin dan masker bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pesisir agar dapat tetap produktif di masa pandemi ini," ujar Aryo.

Dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan, Aryo mengharapkan kesehatan dan produktivitas masyarakat pesisir khususnya nelayan tetap terjaga. Sehingga produktivitas nelayan dalam menyediakan ikan dan kondisi perekonomian masyarakat pesisir tidak ikut goyah akibat pandemi ini.

Sementara itu, Kepala LKKPN Pekanbaru, Fajar Kurniawan melaporkan selama Juli 2020 sudah tersalurkan sebanyak 30 paket vitamin dan 180 masker kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) dan masyarakat di beberapa desa seperti Tarempa, Arung Hijau, Kuala Maras, Air Asuk, Ladan, Sri Tanjung dan Telaga.

"Rencananya pada Agustus akan disalurkan kembali sebanyak 20 paket vitamin dan 320 masker kepada masyarakat," kata Fajar.

Baca Juga: KKP Ajak Masyarakat Tak Buang Sampah ke Laut
Sebelas Paus Pilot Terdampar di Perairan Sabu Raijua NTT

Fajar berharapan agar kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat sekitar Kawasan konservasi TWP Kepulauan Anambas agar tetap dalam kondisi sehat dan produktif, terutama di masa pandemi ini.

"Selain itu, ujar dia, untuk mengurangi pencemaran laut akibat sampah plastik, LKKPN Pekanbaru juga membagikan totebag sebagai pengganti plastik sekali pakai yang kerap digunakan sehari-hari," kata dia.