Pemkab Pandeglang Optimis Jadi Lumbung Udang Vainamael

Bupati Pandeglang Irna Narulita optimistis Pandeglang sebagai daerah lumbung udang vainamael (Foto: ANTARA/Mansyur Suryana)

Penulis: M Kautsar, Editor: Reza P - Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:00 WIB

SariAgri - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, optimis wilayahnya menjadi lumbung udang vainamael. Target itu disampaikan Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Irna mengatakan, budi daya udang vainamael bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penyerapan lapangan pekerjaan.

"Kita sangat diuntungkan sebagai daerah penyangga Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek),sehingga bisa memenuhi pangsa pasar daerah itu," kata Irna Narulita, dilaporkan .

Potensi Kabupaten Pandeglang cukup luar biasa karena sangat cocok pengembangan udang vainamael dan lobster.

Pengembangan tambak udang tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di daerah itu.

Selama ini, kehadiran perusahaan tambak udang di Ujung Kulon menjadikan motivasi masyarakat pesisir untuk mengembangkan budi daya udang.

"Kami optimistis Pandeglang bisa menjadikan sebagai daerah lumbung udang dan lobster dan bisa memenuhi pasar Jabotabek yang memiliki penduduk 24 juta jiwa," kata dia.

Menurut dia, potensi pengembangan usaha tambak udang begitu luas hingga 100 hektare lahan, sehingga Pandeglang menjadikan pusat perikanan ditingkat nasional.

Oleh karena itu, pihaknya menyambut positif Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan memberikan kemudahan proses pinjaman modal dengan anggaran Badan Layanan Umum (BLU) dengan bunga 3,5 persen.

Pinjaman modal itu, kata dia, tanpa jaminan atau agunan maka dipastikan pengembangan usaha udang bisa tumbuh dan berkembang.

"Kami yakin usaha tambak udang dipastikan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat pesisir Pandeglang pasca-bencana tsunami dan pandemi COVID-19 itu," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Ujang, seorang pembudidaya udang warga Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang mengaku lega dan senang jika menerima bantuan pinjaman modal yang dianggarkan oleh kkp melalui program BLU itu.

"Kami sangat mendambakan suntikan modal untuk meningkatkan produksi udang dari lima kolam itu," katanya.