Budidaya Cacing Sutera untuk Tingkatkan Produktivitas Pembenihan Ikan

Ilustrasi benih ikan (Pxhere)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 4 Agustus 2020 | 09:30 WIB

SariAgri - Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan produktivitas perbenihan komoditas perikanan nasional ke depan. Salah satunya dengan mendorong pembudidayaan cacing sutera atau tubifex sebagai pakan alami.

"Terkadang pakan alami ini suka dilupakan atau dikesampingkan, karena tidak semua orang telaten dalam budidaya pakan alami dan ada juga yang banyak menganggap sepele," ujar Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto, Selasa (4/8/2020).

Menurut Slamet , pembudidayaan pakan alami yang telaten merupakan kunci sukses pada awal melakukan pembudidayaan beragam komoditas ikan atau udang. Tubifex atau cacing sutera, lanjut dia, merupakan faktor penting. Tanpa tubifex, produksi sejumlah benih akan terganggu, seperti benih lele, patin dan gurame.

Selain tubifex, pakan alami seperti rotifera, artemia, moina atau daphnia juga merupakan kunci untuk budidaya ikan atau udang.

"Orang jarang sekali melihat padahal pakan alami punya peranan sangat penting atau bahkan dianggap sebagai pondasi dalam berbudidaya ikan," katanya

Slamet menekankan agar kegiatan budidaya pakan alami terus dikembangkan. Ke depan, tubifex dan pakan alami lainnya seperti daphnia, cladosera, punya potensi bisnis menjanjikan bahkan bisa menjadi skala industri.

Untuk mencapai itu semua, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu input produksi secara berkesinambungan.

Slamet memaparkan, langkah kedua adalah volume sesuai seperti yang dibutuhkan dan ketiga kualitas harus dijamin dan dijaga dengan sebaik mungkin.

"Sebagai contoh kalau kita produksi tubifex biasanya kita dapat di saluran, kolam-kolam irigasi, maka biosecurity serta higienismenya kurang terjamin," paparnya.

Baca Juga: Budidaya Cacing Sutera untuk Tingkatkan Produktivitas Pembenihan Ikan
Ini Enam Jenis Lele Unggul untuk Dibudidayakan

Sementara itu, Direktur Pakan dan obat Ikan DJPB, Mimid Abdul Hamid, menambahkan budidaya pakan alami seperti Cacing sutera atau Tubifex sebagai salah satu pakan alami yang sangat strategis dalam mendukung produksi benih ikan nasional.

"Target produksi untuk ikan pada tahun 2020 kurang lebih sebanyak 6,2 juta ton, dan target itu mustahil tercapai jika kita tidak mempunyai benih yang berkualitas. Sementara untuk mendapatkan benih yang berkualitas, harus didukung juga dengan pakan alami yang berkualitas," katanya.