Asem-Asem Ikan Sembilang, Kuliner Khas Gresik Penangkal Corona

Asem-asem ikan sembilang, kuliner khas Gresik (SariAgri/ Arief L)

Penulis: Arya Pandora, Editor: Rojes Saragih - Minggu, 12 April 2020 | 18:05 WIB

SariAgri -  Prihatin atas tidak lakunya Ikan hasil tangkapan Nelayan yang begitu melimpah akibat dampak wabah corona, mendorong ide pelaku usaha Kuliner di Kelurahan Kroman Gresik Jawa Timur untuk melakukan terobosan.

Banyaknya ikan sembilang yang ditangkap nelayan dan tidak laku dijual keluar daerah. Sumaiyah, pedagang masakan laut kini mengolahnya menjadi menu lezat nan kaya gizi.

Salah satunya ikan sembilang dimasak menjadi hidangan asem-asem sembilang. Alasan dipilihnya ikan sembilang untuk dimasak asem-asem, adalah karena dagingnya tebal, lembut dan durinya sedikit. Perbedaan lain dibandingkan dengan ikan lele, ikan sembilang yang dewasa, beratnya bisa mencapai hingga 5 kilogram (kg) dan panjang hingga 70 centimeter (cm).

Tahapan memasak asem-asem ikan sembilang, cukup mudah. Pertama ikan sembilang lebih dulu dipotong dan dicuci bersih, lalu siapkan 2 Buah Tomat dan dipotong-potong. Kemudian sediakan Jeruk nipis atau asam jawa untuk menghilangkan bau amis ikan. Berikutnya daun bawang sebanyak 2 batang diiris-iris dan sediakan 1 liter air serta minyak untuk menumis.

Selanjutnya bumbu yang harus disediakan yakni 3 siung Bawang putih, bawang merah, 1/4 sendok merica bubuk, 1/4 sensok Jahe bubuk, 1 sendok makan kunyit bubuk atau sesuai selera dan terakhit tambahkan Gula serta Garam secukupnya.

“Nah, cara memasak asem-asem sembilang bisa dipraktekan di rumah, siapa tahu bisa buka usaha warung masakan laut seperti saya, “ ujar Sumaiyah setengah promosi kepada SariAgri.

Sambil memasak, ia berbagi pengalaman seputar usaha kuliner yang sudah dirintisnya sejak tahun 1980-an ini. Selain olahan ikan sembilang, sumaiyah juga menyediakan beragam menu ikan laut lainnya, seperti kepala manyung, ikan Pari dan asem asem ikan patin.

Sejumlah pelanggan Sumaiyah mengaku sengaja memilih kuliner asem-asem sembilang karena banyak gizi dan mengandung  manfaat kesehatan bagi tubuh di tengah wabah corona.

“Selain ikan segar karena hasil tangkapan nelayan, masakan di sini tanpa tambahan bahan kimia pengawet dan masakan ini lebih banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh agar tidak terserang corona, “papar Kusnan pelanggan masakan laut dengan yakin.

Baca Juga: Asem-Asem Ikan Sembilang, Kuliner Khas Gresik Penangkal Corona
Berikut Daftar Lengkap Tempat yang Boleh Buka Selama Jakarta Terapkan PSBB

Menurut Kusnan, ikan sembilang kaya akan Protein, Fosfor dan Asam Lemak Omega 3, sehingga sangat tepat untuk mengembalikan stamina dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit, seperti covid-19.

Menu kuliner tradisional asem-asem sembilang ini, tidak hanya cocok untuk sarapan pagi, tetapi juga untuk santap siang, dengan sensasi pedasnya. Ditambah minuman hangat jahe, kuliner khas Gresik ini, dapat dinikmati pelanggan hanya dengan membayar uang pecahan senilai Rp 20.000 saja (Arief L/ SariAgri Jawa Timur).

Video Terkait