Ilmuwan Ciptakan Ikan Lele Hibirida yang Kebal Penyakit

Ilustrasi lele (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Sabtu, 11 Februari 2023 | 16:00 WIB

Sariagri - Ahli genetika telah menciptakan ikan lele hibrida yang tahan penyakit dengan menggunakan DNA buaya. Sekelompok ilmuwan di Universitas Auburn menerbitkan sebuah makalah pada bulan Januari yang merinci upaya mereka untuk memodifikasi ikan lele secara genetik dengan gen cathelicidin dari buaya.

Cathelicidin yang bisa ditemukan di usus adalah peptida antimikroba yang bertanggung jawab untuk membantu organisme melawan penyakit, dikutip dari Bussines Insider.

Sementara itu, gen yang disematkan pada ikan lele lewat teknologi CRISPR mampu meningkatkan ketahanan ikan terhadap penyakit, ketimbang lele yang hidup di alam liar.

Ilmuwan mengatakan bahwa tingkat kelangsungan hidup ikan lele hibrida ini dua hingga lima kali lipat lebih tinggi dari lele biasa.

Selain itu, mereka juga menambahkan cathelicidin ke gen hormon reproduksi sehingga mengurangi kemampuan lele bereproduksi. Menurut peneliti, ini penting untuk mencegah kontaminasi genetik ikan hibrida dengan ikan lele liar.

Baca Juga: Ilmuwan Ciptakan Ikan Lele Hibirida yang Kebal Penyakit
Bocah 15 Tahun Berhasil Tangkap Ikan Lele Putih yang Sangat Langka

Peneliti berharap penyematan gen aligator ke ikan lele dapat bermanfaat dalam budidaya ikan lele. Dengan gen aligator, lele lebih tahan terhadap berbagai bentuk penyakit sehingga hasil yang didapat semakin banyak.

Pada proses budidaya ikan lele, penyakit biasanya menyebar antar-ikan karena kurangnya ruang di peternakan tempat mereka dibesarkan. Sekitar 45 persen lele mati akibat penyakit menular. Pada umumnya ikan juga menjadi kurang tahan terhadap antibiotik.