Beri Makan Ikan Liar, Pria ini Mendadak Populer

Seorang pria beri makan ikan liar. (odditycentral)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 4 Desember 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Seorang pria di Vietnam mendadak populer karena aktivitasnya memberikan makan ikan liar di provinsi An Giang. Tiap hari, ribuan ikan berkumpul di sungai dekat rumahnya dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Rumah Muoi Phuc di Long Kien, Delta Mekong Vietnam, merupakan daya tarik populer baik bagi penduduk lokal maupun turis. Orang-orang secara rutin mampir untuk melihat pria itu memberi makan sekumpulan ikan liar yang mengunjunginya setiap hari.

Awalnya, lelaki berusia 52 tahun itu mulai memberi makan sekumpulan kecil ikan patin, tetapi selama dua tahun terakhir, jumlah mereka terus bertambah, dan sekarang ribuan ikan mampir ke rumahnya di tepi sungai setiap hari untuk waktu yang singkat.

Ikan bebas datang dan pergi sesuka mereka, dan yang lain mencoba menarik mereka dengan membuang makanan ke sungai, tetapi karena suatu alasan, mereka hanya berhenti di rumah Muoi Phuc.

Aktivitas memberi makan ikan liar itu dimulai pada perayaan T?t (Tahun Baru Imlek Vietnam) tahun 2020. Saat itu, Istri dan anak-anaknya sedang pergi dan dia mampir ke rumah untuk menyiapkan nasi untuk dibawa ke kakek-neneknya untuk T?t.

Saat dia menyiapkan nasi, dia melihat ke luar jendela dan melihat beberapa ikan keluar ke permukaan sungai dengan mulut terbuka, seolah-olah meminta makanan.

Muoi Phuc mengambil segenggam pelet makanan bebek yang tergeletak di sekitarnya dan melemparkannya ke ikan. Dia kemudian kembali bekerja tanpa memikirkan ikan lapar itu lagi. Tetapi keesokan harinya, dia melihat ikan itu lagi, dan sekali lagi dia memberi mereka makanan. Mereka telah mengunjunginya setiap hari sejak itu, dan membawa teman baru setiap saat.

Dari selusin atau lebih ikan pangasius yang pertama kali mampir ke rumah Muoi Phuc lebih dari dua tahun yang lalu, kelompok ikan telah berkembang menjadi beberapa ribu, beberapa memperkirakan mencapai puluhan ribu, dari spesies yang berbeda, seperti halibut, lele, snakehead ikan, dan bahkan ikan kuwe putih yang agresif.

Tidak ada yang benar-benar tahu dari mana ikan itu berasal, atau mengapa mereka memilih rumah Muoi dari ribuan lainnya di Delta Mekong.

Awalnya, Muoi Phuc menggunakan beberapa kantong makanan ikan setiap bulan, tetapi sekarang, kawanan ikan telah menjadi sangat besar sehingga dia membutuhkan banyak makanan per bulan untuk memberi makan mereka.

Kadang-kadang biayanya terlalu mahal baginya, jadi dia melemparkan buah-buahan dan sayuran busuk yang disumbangkan oleh petani lokal, yang sepertinya disukai oleh ikan-ikan itu.

Turis secara rutin datang ke rumah Muoi Phuc untuk melihat kumpulan ikan raksasa itu sendiri, tetapi sayangnya, mereka bukan satu-satunya yang mampir. Setiap malam, puluhan perahu nelayan mampir ke rumahnya dan menebar jala dengan harapan bisa menangkap kawanan raksasa itu, namun sejauh ini ikan-ikan itu berhasil menghindarinya.

Tentu saja, Muoi dan ayahnya sering begadang untuk memastikan tidak ada yang menyakiti ikan itu.

Baca Juga: Beri Makan Ikan Liar, Pria ini Mendadak Populer
Mengolah Limbah Rumah Tangga Menjadi Pakan Ikan



"Banyak orang tahu bahwa ada ikan di sini, jadi mereka memanfaatkan ketidakhadiran kami untuk mengintai dan menebar jala,” kata Muoi kepada Dantri.

"Setiap kali kami melihat mereka memancingnya, ayah saya dan saya memohon agar mereka tidak melakukannya. Saya tidak tahu harus berbuat apalagi," pungkasnya, seperti dilaporkan Oddity Central.