Intip Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Udang Air Tawar

Ilustrasi udang vaname (Freepik)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 29 November 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Udang adalah hewan laut yang memiliki tubuh bungkuk. Ukurannya beragam mulai dari yang kecil sampai besar, banyak dijual di pasaran. Hewan ini banyak dijadikan sebagai bahan pangan yang sangat lezat.

Namun tahukah kamu, udang ternyata tidak hanya terdapat di laut saja, tetapi juga di sungai, danau dan genangan air yang berukuran besar. Udang inilah yang dikenal dengan sebutan udang air tawar.

Meski hidup di air tawar, udang ini tak kalah populer, sehingga banyak pegiat usaha yang membudidayakannya. Ditambah lagi permintaan pasar yang begitu tinggi, membuat popularitas udang air tawar semakin naik.

Nutrisi yang terkandung dalam udang air tawar

Ada beberapa jenis udang air tawar, diantaranya udang banana jerbung, udang batu, udang galah, lobster air tawar, setandu, udang kipas, udang mantis, dan udang vaname.

Semua jenis udang ini memiliki ragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah:

1. Kalsium

Sumber kalsium tidak hanya terdapat dari produk susu, tetapi juga dari makanan seperti misalnya udang air tawar. Kandungan kalsium pada udang ini jumlahnya cukup banyak, sehingga amat penting dikonsumsi demi menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam mempengaruhi kinerja otot, saraf, dan hormon.

2. Yodium

Yodium adalah kandungan yang umumnya terdapat pada garam. Namun tahukah kamu, di dalam udang air tawar ternyata juga mengandung nutrisi yodium.

Diketahui, senyawa ini bermanfaat baik untuk mencegah penyakit gondok, mendukung kinerja kelenjar tiroid yang berfungsi memproduksi hormon. Bahkan, yodium juga berguna untuk mencegah penyakit autoimun, dan juga kanker.

3. Mineral

Udang air tawar mengandung sejumlah mineral baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui, kandungan mineral yang terdapat dalam udang ini jumlahnya cukup tinggi, beberapa diantaranya termasuk selenium.

Selenium ini memiliki fungsi penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

4. Protein

Udang air tawar juga merupakan sumber protein. Jumlahnya bahkan cukup tinggi. Meski demikian, kandungan lemak dalam udang ini tergolong rendah.

Protein ini memberi manfaat baik untuk memperbaiki jaringan yang ada di dalam tubuh, memproduksi enzim, menumbuhkan sel tubuh, hormon, serta zat kimia lain yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Intip Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Udang Air Tawar
Menteri Trenggono Kembangkan Potensi Kelautan dan Perikanan Jember

5. Rendah Kalori

Selain rendah lemak, kandungan kalori dalam udang air tawar ternyata juga cukup rendah, yaitu sekitar 84 kalori dalam setiap 85 gram udang. Tidak hanya itu, udang air tawar ini juga sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

Hal ini membuat udang air tawar banyak direkomendasikan sebagai menu lauk pauk yang baik dikonsumsi. Meski begitu, perlu digarisbawahi bahwa udang ini juga tetap mengandung kolesterol.

Konsumsi makanan berkolesterol dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Oleh sebab itu, sebaiknya batasi konsumsi udang ini agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit.