Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Caviar, Tobiko, dan Ikura

Ilustrasi telur ikan (Foto Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Senin, 28 November 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Bagi kamu pecinta makanan khas dari negeri sakura, tentu sudah tidak asing dengan nama tobiko dan ikura. Kedua bahan pangan ini, merupakan telur ikan mentah yang sering kali ditemukan dalam menu hidangan sushi dan sashimi.

Namun untuk di dataran Eropa, telur ikan lebih dikenal dengan sebutan caviar. Ada banyak sekali jenis caviar di pasaran, mulai dari harga termurah sampai yang termahal tersedia di sana. Diketahui, jenis black caviar memiliki harga yang sangat fantastis. Kisaran harganya mencapai $7000 - $10.000 per kilonya.

Perbedaan caviar, tobiko dan ikura

Pada dasarnya ketiga makanan ini sama-sama merupakan telur ikan. Namun, meski demikian ketiganya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada jenis ikan penghasil telur itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap dari ketiga jenis telur ikan tersebut.

1. Caviar

Caviar adalah telur ikan yang berasal dari jenis ikan sturgeon. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Laut Kaspia (Caspian Sea) dan Laut Hitam (Black Sea). Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan, bahwa ikan ini ternyata telah hidup sejak zaman purba kala.

Meski masih masih terdapat di beberapa perairan, tetapi saat ini keberadaannya di lauta mulai langka. Hal inilah yang membuat harga caviar dijual dengan harga yang melambung tinggi.

2. Tobiko

Lain halnya dengan tobiko. Telur ikan ini diketahui berasal dari flying fish atau juga dikenal dengan ikan terbang. Telur ikan ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan warna merah cerah.

Uniknya, ketika digigit telur ikan ini akan menimbulkan sensasi meletus. Soal rasa, tobiko lebih kaya rasa sebab telur ikan ini biasanya disajikan dengan proses marinasi terlebih dahulu bersama tinta cumi, yuzu, jus bit, dan wasabi .

Tidak hanya memperkaya rasa, proses marinasi ini ternyata juga mampi mengubah warna tobiko sehingga penampilannya lebih menarik.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Caviar, Tobiko, dan Ikura
Sudah Tahu Belum, Ini Ragam Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan Tubuh

3. Ikura

Satu lagi jenis telur ikan, yaitu ikura atau juga dikenal dengan nama salmon roe (telur ikan salmon). Sesuai namanya, telur ikan ini berasal dari ikan salmon dan memiliki warna oranye cerah.

Ukuran ikura juga cukup besar dan memiliki tekstur yang lebih cair dibanding caviar dan tobiko. Biasanya telur ikan ini dihidabgkan dalam menu sashimi, isi untuk sajian sushi, dan sebagai taburan dalam hidangan Chirashi Don.