Menurut Feng Shui, Ini Cara Memelihara Ikan Mas Koki Agar Berumur Panjang

Ilustrasi ikan mas koki (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 November 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Menurut feng shui, memelihara ikan mas koki dipercaya akan membawa keberuntungan pada pemiliknya. Jadi tidak heran jika banyak orang yang memilih ikan mas koki untuk dirawat.

Cara merawat ikan mas koki bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, dalam pemeliharaannya tetap harus diperhatikan agar sang ikan sehat dan berumur panjang. Intinya, merawat ikan mas koki sendiri dibutuhkan ketelatenan.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut cara merawat ikan mas koki.

Siapkan tempat

Sebelum membeli ikan mas koki, langkah pertama yang harus disiapkan adalah rumahnya terlebih dulu. Saat membersihkan akuarium dan seluruh aksesori, kamu bisa menggunakan detergen yang lembut.

Selanjutnya, letakkan akuarium di tempat yang mendapat sinar matahari tidak langsung pada siang hari.

Pilih wadah

Ikan mas koki bisa ditempatkan di akuarium berbentuk kotak maupun di mangkuk. Tetapi, pastikan ukurannya cukup besar karena akan tumbuh besar.

Ukurannya pun harus disesuaikan dengan area permukaan yang cukup agar oksigen bisa terserap. Penentuan besar akuarium juga harus mempertimbangkan kebutuhan ruang untuk meletakkan aksesoris.

Di samping itu, ikan memerlukan ruang yang cukup untuk bisa bergerak kesana kemari. Perlu kamu ketahui, ikan mas koki termasuk ikan yang lincah.

Jaga kondisi air

Perawatan air sangat krusial untuk menjaga kesehatan ikan. Pemakaian filter akan lebih memudahkan untuk menjaga kualitas air.

Kamu perlu membuang sebagian air di akuarium dan menggantinya dengan yang baru. Jumlahnya sekitar sepertiga dari isi akuarium. Pastikan air penggantinya sudah didiamkan beberapa hari sebelum diisi ke dalam akuarium.

Tentukan aksesori

Kamu juga membutuhkan pompa atau pembuat gelembung agar air terus terisi oksigen. Selain itu, filter untuk membersihkan air dari senyawa kimia berbahaya dan limbah.

Menaruh batu-batuan di dasar juga dianjurkan karena bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri baik. Kamu juga bisa menambahkan tanaman air untuk memecah racun dan menurunkan pertumbuhan alga.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Cara Memelihara Ikan Mas Koki Agar Berumur Panjang
Ketahui 7 Penyebab Ikan Hias Aquarium yang Mati Mendadak

Pilihlah dekorasi yang memungkinkan ikan mas koki bisa berenang melaluinya atau bersembunyi sementara waktu. Jangan taruh benda-benda yang tajam yang bisa membahayakan ikan mas koki.

Cara Memberi Makan

Ikan mas koki cukup diberi makan sekali sehari. Belilah beberapa macam jenis pakan di toko dan memberikannya secara bergantian. Berilah pakan secukupnya agar mereka tidak sampai kekenyangan. Pakan yang tidak termakan akan membuat akuarium lebih cepat kotor.