Selain Jentik Nyamuk, Ini 6 Pakan Ikan Cupang agar Warnanya Semakin Cantik

Ilustrasi ikan cupang. (foter.com)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 24 November 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Popularitas ikan hias cupang seakan tak pernah surut. Peminat ikan yang satu ini bisa dibilang terus bertambah. Tentu bukan tanpa alasan, sebab jenis ikan yang sayu ini memang begitu mempesona.

Namun perlu diingat, ketika ingin memeliharanya kamu wajib mengetahui hal-hal penting mengenai ikan yang satu ini. Salah satunya yaitu jenis makanan yang sesuai untuk ikan cupang.

Jenis makanan ikan cupang

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, pemberian pakan menjadi hal wajib dalam perawatan. Pemberian pakan pada ikan cupang pada dasarnya dilakukan secara rutin pada siang dan malam.

Selain itu, pemberian pakan juga tidak boleh sembarangan. Berikan jenis pakan yang kaya akan gizi guna memaksimalkan pertumbuhan yang baik bagi ikan cupang. Umumnya jenis pakan yang diberikan yaitu jentik nyamuk.

Namun makanan itu bukanlah satu-satunya pakanan bagi ikan cupang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis pakan kkan cupang yang bisa kamu berikan.

1. Udang

Salah satu jenis pakan yang baik dan kaya gizi untuk ikan cupang adalah udang. Makanan ini bermafaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan kecantikan tubuh dan sirip pada ikan cupang.

Menurut Lazuardi Betta Concept, yang merupakan breeder atau pembiak ikan cupang di Indonesia mengatakan bahwa udang dapat merangsang pertumbuhan warna dan sirip cupang jadi semakin cepat dan lebih baik.

Namun sebelum diberikan, pastikan kamu membuang kulit udang dan memotongnya menjadi kecil-kecil.

2. Cacing darah

Cacing darah atau juga dikenal dengan nama bloodworm juga merupakan salah satu pakan ikan cupang yang mengandung banyak nutrisi.

Namun dibandingkan dengan udang, protein dari cacing darah memang lebih sedikit. Meski begitu jika ikan cupang diberi pakan ini maka akan menghasilkan warna yang lebih cantik.

3. Cacing beku

Selain cacing darah, kamu juga bisa memberikan ikan cupang berupa cacing beku. Pakan ini dipilih sebab kamu tidak perlu repot-repot menyiapkannya. Saat ini cacing beku sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan di pedagang ikan offline maupun toko online.

4. Cacing sutra

Selanjutnya pilihan pakan untuk ikan cupang ada juga cacing sutra atau nama lainnya cacing rambut. Cacing ini banyak ditemukan di perairan kotor seperti selokan atau got di sekitar rumah.

Namun jika tidak mau berkotor-kotoran, kamu bisa langsung membeli ke pedagang atau toko ikan hias maupun toko online. Cacing ini mengandung protein yang lebih sedikit dari makanan hidup. Oleh sebab itu kamu bisa memberikannya sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Kuning telur

Jenis pakan lainnya yaitu kuning telur. Makanan sangat kaya akan protein yang baik untuk ikan cupang. Cara memberikannya yaitu dengan cara merebus atau mengukus kuning telur terlebih dahulu.

Baca Juga: Selain Jentik Nyamuk, Ini 6 Pakan Ikan Cupang agar Warnanya Semakin Cantik
Dear Pemula, Begini Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon yang Benar

Perlu diingat, pemberian kuning telur tidak boleh berlebihan dan terlalu sering. Pasalnya sisa-sisa pakan dari kuning telur ini bisa mengotori akuarium ikan cupang, sehingha mengganggu kesehatannya.

6. Kutu air

Selain kelima makanan di atas, ikan cupang juga menyukai kutu air. Panganan ini kaya nutrisi namun kandungan lemaknya sangat kecil sehingga aman dikonsumsi. Manfaat memberikan kutu air dipercaya dapat mempercantik warna dari ikan cupang serta menguatkan tulang-tulang.

Video Terkait