Viral Aksi Heroik Turis Selamatkan Penyu yang Terjerat Tali di Bali

Viral turis asing selamatkan kura-kura yang terjerat tali di Bali (Twitter)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Selasa, 15 November 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - Belum lama ini tengah viral video di media sosial memperlihatkan turis asing menyelamatkan penyu yang terjerat tali di Bali. Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengucapkan terima kasih atas aksi heroik yang dilakukan sejumlah turis tersebut.

"Saya tidak tahu siapa mereka, tapi saya ingin berterima kasih, karena apa yang mereka lakukan sangat menyentuh hati. Sekelompok turis mancanegara di Bali membantu melepaskan ikatan penyu yang terjerat tali kemudian melepaskan kembali ke dalam air," tulis Sandiaga Uno melalui akun Twitter pribadinya @sandiuno.

Sandiaga memuji aksi tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, sebelumnya ia sering kali menerima laporan soal ramainya wisatawan asing yang tidak patuh aturan dan melanggar norma-norma di tempat wisata.

"Melihat video ini tentunya mengobati rasa kekecewaan dan kekesalan," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga mengajak semua pihak untuk menjaga keindahan alam Indonesia termasuk dengan flora dan faunanya. "Bangkitkan ekonomi dengan pariwisata yang berkelanjutan," jelasnya.

Melalui akun Instagram @nowthiseart, terlihat sejumlah turis asing menemukan seekor penyu yang terjerat tali di bawah batu di salah satu pantai Bali. Mereka pun mencoba untuk memotong tali yang menjerat itu. Hingga akhirnya mereka berhasil melepaskan tali itu dan Penyu tersebut kembali ke laut.

"Sekelompok turis sedang menjelajahi pantai di Bali, Indonesia, ketika mereka menemukan penyu laut sepanjang 4 kaki yang terjerat tali di bawah batu. Beberapa dari mereka kemudian bersatu untuk memotong penyu itu dan melepaskannya kembali ke dalam air," ujar akun unggahan video tersebut.



Baca Juga: Viral Aksi Heroik Turis Selamatkan Penyu yang Terjerat Tali di Bali
Viral Aksi Dramatis Petugas Damkar Evakuasi Ikan Aligator