Ini Ciri-ciri Kamu Alergi Makan Ikan

Ilustrasi Daging Ikan Salmon (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Meski ikan terbukti menyimpan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, nyatanya ada saja orang yang alergi jika mengonsumsi ikan.

Dari artikel yang dipublish oleh Current Allergy and Asthma Reports, jenis ikan seperti salmon, tuna, dan lele adalah ikan yang paling sering dilaporkan mengalami reaksi alergi. Sebanyak 40 persen orang yang melaporkan alergi ikan tidak memiliki masalah mengonsumsi ikan sebelumnya.

Beberapa kasus, orang yang mengalami alergi ikan tidak menunjukkan gejala yang parah, tetapi sebagian orang memiliki gejala hingga dapat mengancam nyawa.

Gejala alergi ringan yang dapat terjadi sebelum reaksi alergi parah meliputi:

1. Gatal

Ciri-ciri ini biasanya disertai benjolan, ruam kulit, perih, dan kulit menjadi merah. Seringkali gatal dapat menyebar ke seluruh tubuh. Jika mengalami ciri-ciri ini, gunakan obat atau bedak gatal.

Perlu kamu ingat. kamu dilarang untuk menggaruk badan karena akan menyebabkan infeksi dan berbekas pada kulit.

2. Bersin

Umumnya, bersin dapat muncul karena alergi bulu hewan atau debu. Faktanya, alergi ikan juga bisa menyebabkan bersin-bersin. Jika sudah terlalu parah, bersin akan disertai sesak napas. Jika sudah disertai sesak, ada baiknya segera pergi ke dokter agar ditangani oleh ahlinya.

3. Kesulitan Bernapas

Kesulitan bernapas juga bisa dialami oleh seseorang akibat alergi. Apabila kamu menderita asma biasanya akan langsung kambuh. Pada ciri ini, penderita alergi akan terasa seperti tenggorokan menutup, kesemutan, dan sulit bernapas.

Untuk penangan pertama, kamu harus tenang dan atur napas. Untuk yang sudah ada riwayat menderita asma, bisa gunakan inhaler.

4. Anafilaksis

Melansir Sciencedirect, resiko terparah dari alergi ikan adalah anafilaksis, yaitu reaksi sistemik yang parah di mana tubuh melepaskan histamin dalam jumlah besar.

Kondisi ini menyebabkan jaringan di seluruh tubuh membengkak sehingga dapat menyebabkan gejala pernapasan, jantung, dan gastrointestinal yang mengancam jiwa.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Kamu Alergi Makan Ikan
5 Manfaat Menakjubkan Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Kandungan Gizi dan Nutrisi

Jika tidak segera diobati dengan suntikan epinefrin dan intervensi darurat lainnya, anafilaksis dapat menyebabkan syok, koma, gagal jantung atau pernapasan, dan bahkan kematian.

Selain ciri-ciri di atas, umumnya seseorang yang memiliki alergi ikan akan muncul gejala-gejala:

- Hidung tersumbat dan bersin (rinitis alergi)
- Sakit kepala
- Gangguan pencernaan dan sakit perut
- Bersendawa, kembung, atau perut kembung
- Diare
- Mual atau muntah