Sukses Budidaya Kerang Abalon, Negara Ini Hasilkan 600 Ton/Tahun

Ilustrasi kerang abalon. (istimewa)

Editor: Dera - Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Fasilitas budidaya kerang abalon dengan kemampuan kapasitas produksi hingga 600 ton per tahun awal Agustus lalu resmi dibuka di Dhofar, Oman.

Fasilitas pembudidayaan bernama Mirbat ini didirikan oleh perusahaan patungan antara Muscat Overseas Group dan Abagold, perusahaan pertanian abalon terkemuka di Afrika Selatan. Menurut laporan Muscat Daily, fasilitas budidaya ini secara resmi dibuka oleh HH Sayyid Marwan bin Turki al Said, Gubernur Dhofar, pada 11 Agustus.

Menelan biaya pembangunan hingga £ 21,5 juta, tempat pembudidayaan kerang abalon ini dijalankan oleh Oman Aquaculture Company dan merupakan bagian dari rencana Kementerian Pertanian, Perikanan dan Sumber Daya Air Oman untuk mendorong sektor swasta untuk berinvestasi dalam ketahanan pangan.

Dr Saud bin Hamoud al Habsi, Menteri Pertanian, Perikanan dan Sumber Daya Air Oman mengatakan, proyek tersebut merupakan salah satu upaya mewujudkan visi kementerian untuk budidaya ikan di Oman.

"Ini juga melayani masyarakat lokal dan menyediakan lapangan kerja bagi pemuda Oman," tambahnya, seperti dilaporkan The Fish Site.

Baca Juga: Sukses Budidaya Kerang Abalon, Negara Ini Hasilkan 600 Ton/Tahun
KKP Dorong Budidaya Kerang Hijau Bebas Polutan agar Layak Konsumsi



Proyek ini meliputi area seluas 37.240 meter persegi, dengan konstruksi yang tersebar di 8.900 meter persegi yang terdiri dari fasilitas dan layanan yang akan berkontribusi pada produksi abalon yang setara dengan standar internasional.

Seorang pejabat Abagold sebelumnya mengatakan kepada Muscat Daily bahwa proyek tersebut juga akan membantu menyemai kembali dan mengisi kembali abalon setelah jatuhnya populasi liar yang menyebabkan penutupan perikanan pada tahun 2020 dan 2021.

Video Terkait