Daftar Pakan yang Menunjang Pertumbuhan Ikan Aligator Lebih Optimal

Ilustrasi ikan aligator (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 29 September 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Ikan aligator adalah salah satu jenis ikan predator yang banyak dipelihara. Penamaan ikan ini sendiri berdasarkan struktur bagian kepala yang dimilikinya, sangat mirip dengan aligator atau buaya. Hal inilah yang membuat banyak orang menyebutnya dengan nama ikan buaya.

Di Indonesia, ikan aligator sudah tidak asing lagi. Bahkan saat ini, tidak sedikit pula yang memelihara ikan ganas di dalam akuarium rumah. Hal ini juga didikung dari perawatan yang bisa dibilang sangat mudah.

Jenis pakan ikan aligator

Jika kamu tertarik memeliharan ikan yang satu ini, perlu mengetahui jenis-jenis pakan apa saja yang baik untuk ikan aligator. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ikan Kecil

Sebagai karnovira, ikan aligator gemar memangsa ikan-ikan kecil yang berada dekat dengannya. Tidak ada jenis atau spesifik tertentu, sebab ikan-ikan kecil apa saja yang bisa diberikan.

Hal ini karena kandungan protein yang dimiliki ikan-ikan kecil sangat baik untuk pertumbuhan sang aligator.

Namun jika ikan yang akan diberikan berukuran besar, tak ada salahnya kamu memotong ikan ini terlebih dahulu, sehingga mereka dapat dengan mudah memakannya.

2. Pelet

Selain ikan kecil yang segar, jenis pakan buatan pabrik seperti pelet juga bisa diberikan sebagai menu makanan ikan aligator. Namun jangan asal membeli, pastikan kamu membeli jenis pelet yang memang dikhususkan untuk ikan predator.

Selain ikan segar, pelet juga mengandung protein yang cukup tinggi. Pemberian pakan yang mengandung protein ini bermanfaat dalam menunjang pertumbuhan ikan aligator menjadi cepat besar.

3. Daging Ayam

Jenis pakan lainnya adalah daging ayam. Namun sayang, jenis pakan yang satu ini memiliki harga yang relatif lebih mahal. Hal ini sebenarnya sepadan dengan kandungan yang ada dalam daging ayam, sebab sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan aligator.

Biasanya pemberian daging ayam ini dikhususkan untuk ikan yang masih kecil dengan ukuran di bawah 50 cm. Alasannya karena ikan yang sudah tumbuh besar, akan membutuhkan lebih banyak lagi protein dibandingkan dengan anakan ikan aligator.

4. Kepiting

Selain makanan di atas, jenis pakan lain yang digemari ikan ini adalah kepiting. Kepiting mengandung protein dalam jumlah yang besar. Meski begitu pakan ini tidak bisa dijadikan sebagai makanan utama. Tidak hanya itu, wajin pula diperhatikan jumlah yang diberikan. Disarankan kepiting ini diberikan sebagai makanan selingan saja, bukan sebagai makanan utama.

5. Udang

Pakan lain yang tak kalah baik adalah udang. Hewan laut ini mengandung astaxanthin yang tinggi. Kandungan ini akan sangat baik sekali untuk ikan aligator dalam menonjolkan warna. Selain itu, udang juga bermanfaat baik dalam menunjang pertumbuhan ikan predator lebih maksimal. Namun ingat. pakan ini pun tidak boleh diberikan dalam jumlah yang berlebihan dan jangan jadikan sebagai makanan utama.

Baca Juga: Daftar Pakan yang Menunjang Pertumbuhan Ikan Aligator Lebih Optimal
Intip Jenis-jenis Ikan Channa, Ada yang Mencapai Puluhan Juta

6. Keong Sawah

Keong sawah atau tutut, bisa juga menjadi pakan yang baik untuk ikan aligator. Pasalnya keong sawah yang juga sering dianggap hama oleh para petani, mengandung protein dalam jumlah yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja mendukung pertumbuhan dan kesehatan ikan aligator.

Kamu bisa memberikannya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, dengan memotong keong terlebih dahulu untuk memudahkan ikan aligator memakannya.

Video Terkait