Sehat dan Lezat, Ini 7 Khasiat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi ikan tenggiri (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 28 September 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup populer. Ikan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, sebab termasuk yang mudah ditemukan. Ditambah lagi, harga ikan ini juga cukup terjangkau.

Ikan tenggiri dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan hingga camilan. Salah satu yang paling populer adalah empek-empek dan tekwan, makanan khas dari Sumatera Selatan.

Khasiat konsumsi ikan tenggiri untuk kesehatan

Selain memiliki rasa yang gurih dan nikmat, fakta lain menyebutkan bahwa ikan tenggiri ternyata mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan omega-3.

Sejumlah nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan, terutama ibu hamil. Berikut beberapa manfaat ikan tenggiri bagi tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan sebuah ancaman bagi kesehatan. Biasanya kondisi ini memunculkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Tingginya kolesterol ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang terlalu banyak mengonsumsi daging serta pola hidup yang tidak sehat.

Sebagai salah satu cara menghindarinya, Sobat Agri bisa mengubah pola makan dan perbanyak mengonsumsi ikan tenggiri. Ikan laut ini dipercaya berperan penting untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan tenggiri bisa dikatakan sangat baik untuk kesehatan, khususnya bagi ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan omega 3 untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan.

Hal ini terbukti, sebab kandungan omega 3 dari ikan tenggiri yang dikonsumsi secara rutin mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak, sehingga menjadi lebih cerdas.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Secara umum, vitamin A banyak diperoleh dari sayuran seperti wortel dan buah-buahan. Namun ternyata, selain kedua makanan tersebut, ikan tenggiri juga merupakan sumber vitamin A yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata.

4. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, adanya ketombe bisa menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Salah satu untuk mengatasinya, Sobat Agri bisa dengan mengonsumsi ikan tenggiri atau mengolahnya sebagai bahan ramuan.

Caranya mudah, yaitu dengan menghaluskan daging ikan tenggiri dan mencampurnya dengan lidah buaya, lalu aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ramuan tersebut ke kulit kepala secara rata. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih,

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ikan laut yang satu ini mengandung berbagai macam asam amino esensial, salah satunya adalah lisin. Jenis asam amino ini bermanfaat untuk meningkatkan energi. Selain kandungan lisin, ikan tenggiri juga kaya akan vitamin A yang juga berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin B12 dalam ikan tenggiri tergolong tinggi. Vitamin ini diyakini berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya kandungan ini mampu mengurangi kadar homosistein dalam darah, yaitu jenis asam amino yang berperan penting dalam pembentukan protein dalam tubuh.

Sebagai informasi, asam amino homosistein memang baik. Namun, jika kadarnya berlebihan maka dapat membahayakan kesehatan jantung dan menjadi pemicu penyakit stroke.

Baca Juga: Sehat dan Lezat, Ini 7 Khasiat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan Tubuh
Kala Perikanan Indonesia Bak 'Raksasa Tertidur'

7. Mencegah anemia

Manfaat besar yang dimiliki ikan tenggiri lainnya yaitu mencegah anemia. Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah sehingga membuat tubuh menjadi lemas dan lesu.

Dengan mengonsumsi ikan tenggiri, kondisi ini bisa dicegah karena ikan ini mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Ketiga kandungan ini bermanfaat baik dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh, sehingga kondisi anemia dapat diatasi.

Video Terkait