Anti Ribet, Begini Cara Mudah Merawat Ikan Badut di Rumah

Ilustrasi ikan badut (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 28 September 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Ikan badut atau dikenal juga dengan nama ikan nemo merupakan ikan yang sangat menggemaskan. Berkat film animasi berjudul Finding Nemo, kepopuleran ikan ini semakin naik daun, sehingga menjadikannya sebagai salah satu ikan hias yang banyak dipelihara di rumah.

Penampilannya menarik dengan perpaduan warna putih dan kuning belang-belang, membuat suasana rumah menjadi lebih cantik dan indah.

Cara Merawat Ikan Badut

Pada dasarnya, merawat ikan ini bukan perkara mudah dan cenderung lebih sulit dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Namun, jika dipahami dengan baik dan dilakukan dengan tepat, tentu perawatan akan terasa mudah dan menyenangkan.

Lantas bagaimana cara merawatnya, yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Ukuran akuarium yang ideal

Secara fisik, ikan badut dapat tumbuh panjang mencapai 15 cm. Oleh karena itu, sediakan akuarium yang ukurannya mampu menampung ukuran tubuh ikan ini.

Idealnya, Sobat Agri harus menyiapkan akuarium dengan ukuran 90 x 30 x 38 cm. Ukuran ini dinilai cukup besar untuk memenuhi kebutuhan ruang yang lebih luas dibandingkan ikan air tawar.

2. Air yang berkualitas

Pemberian air juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan badut. Hal ini bertujuan untuk mencegah ikan agar tidak mudah stress. Berikan ikan yang berkualitas, yaitu yang sesuai dengan habitat aslinya, yaitu air laut. Penuhi kebutuhan air dalam akuarium dengan perbandingan 10 liter per 3 cm ukuran ikan.

3. Suhu akuarium yang sesuai dengan habitat asli

Selain air, suhu dalam akuarium sebaiknya diatur sehingga mirip dengan tempat tinggal asli mereka di laut. Sebaiknya atur suhu akuarium agar stabil berada di antara 24 hingga 27 derajat celsius agar mereka dapat berenang dengan nyaman.

4. Populasi atau Jumlah Ikan

Sifat ikan badut adalah ikan yang gemar bersosialisasi dengan ikan lain. Oleh karena itu jangan biarkan ia hidup sendiri. Setidaknya peliharalah sepasang atau lebih dari satu ikan badut di dalam satu akuarium. Selain itu, perhatikan juga populasi ikan, agar tidak terlalu padat sehingga ikan dapat berenang dengan nyaman.

5. Kebersihan akuarium

Sama seperti memelihara ikan lain, kebersihan akuarium adalah salah satu hal yang penting diperhatikan. Hal ini berguna untuk pertumbuhan ikan agar dapat tumbuh dengan baik dan bertahan lama.

Ganti air akuarium selama beberapa bulan sekali dengan air laut bersih dan tak lupa juga untuk menyimpan filter air di dalam akuarium.

6. Sediakan anemon laut

Di habitat asli, ikan badut memiliki hubungan yang baik dengan anemon laut, karena keduanya bersimbiosis mutualisme. Namun perhatikan jenisnya, sebab tidak semua jenis anemon cocok dengan ikan badut. Beberapa jenisnya bahkan bisa menyengat ikan badut hingga mati.

Baca Juga: Anti Ribet, Begini Cara Mudah Merawat Ikan Badut di Rumah
Jenis-jenis Ikan Guppy yang Paling Banyak Dicari Beserta Kisaran Harganya

7. Batu atau koral di akuarium

Untuk membuat suasana akuarium seperti habitat asli ikan badut, jangan lupa untuk menambahkan batu atau koral di akuarium. Selain membuat ikan badut dapat tinggal dengan nyaman dan tidak mudah stress, penambahan batu koral juga menambah nilai estetika dalam akuarium, sehingga lebih menarik dan hidup.

8. Jenis pakan yang tepat

Hal terakhir yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah memberi pakan yang tepat. Ketahui bahwa ikan badut adalah hewan omnivora. Oleh karena itu, kamu bisa memberikannya makanan hidup, makanan beku, atau serpihan makanan. Pastikan juga untuk memberikan pakan sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Video Terkait