Hasilkan Cuan Melimpah, Eropa Mulai Lirik Budidaya Rumput Laut

Ilustrasi rumput laut (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 26 September 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Budidaya rumput laut populer di perairan Asia dan telah menjadi bisnis yang menguntungkan. Eropa sedang mencoba peruntungannya untuk mendapatkan bagian kue untuk ekspor ini.

Asia, khususnya Cina, punya pengaruh dalam produksi rumput laut dunia. Panen global gabungan pada 2019 mencapai 35,8 juta ton. Asia merupakan 97% dari produksi, dengan lebih dari setengahnya berasal dari perairan Cina.

Eropa, di sisi lain, sedang dalam proses menguji perairannya apakah bisa berhasil dalam budidaya rumput laut. Ini menghasilkan 287.033 ton pada tahun yang sama. Ini setara dengan 0,8% dari total panen global, yang sebagian besar berasal dari stok liar.

Sebelumnya, tidak banyak orang yang mempertimbangkan rumput laut sebagai salah satu tanaman yang dapat dipasarkan. Padahal tanaman laut ini dapat dan aman untuk dimakan oleh manusia dan hewan. Selain itu juga dapat juga digunakan sebagai pupuk tanah, bahan kosmetik, kemasan biodegradable, biofuel, dan banyak lagi.

Baca Juga: Hasilkan Cuan Melimpah, Eropa Mulai Lirik Budidaya Rumput Laut
Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan, Kepri Dorong Nelayan Budidaya Rumput Laut



Pemerintah Belanda mengusulkan untuk mengalokasikan 400 km persegi (154 mil persegi) dari perairan teritorial laut utara untuk budidaya rumput laut skala besar.

Perusahaan rumput laut saat ini membudidayakan rumput laut di pantai barat Irlandia, perairan Maroko dan India, termasuk negara asalnya.

“Kami adalah pionir rumput laut. Dari sisi finansial, sosial, dan ekologi, kamu membutuhkan banyak rumput laut,” kata Joost Wouters, pendiri The Seaweed Company pada European Views.

Pada tahun 2020, industri rumput laut bernilai $40 miliar atau sekitar Rp594 triliun. Bahkan menurut sebuah laporan, penelitian yang sama memperkirakan bahwa itu akan melonjak menjadi $95 miliar setara Rp1.412.

Pada tahun 2027, angka-angka ini memotivasi produsen Eropa untuk memulai budidaya rumput laut dalam skala besar.

 

Video Terkait