5 Jenis Ikan Hias Kecil yang Mudah Dipelihara dan Tak Gampang Mati

Ilustrasi ikan neon (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Jauh sebelum masa pandemi, pecinta ikan hias ini sudah sangat banyak. Namun seiring berjalannya waktu, tampaknya hobi memelihara ikan hias semakin diminati.

Jenis ikan hias yang populer di Tanah Air sangat beragam. Ukurannya pun berbeda-beda, mulai dari yang kecil, sedang, hingga yang paling besar sekalipun.

5 Jenis ikan hias kecil yang mudah dipelihara

Jika kamu adalah seorang pemula dan tertarik untuk memelihara ikan hias, sebaiknya kenali dulu jenis dan karakteristik ikan yang akan dipelihara. Umumnya, ikan hias yang banyak dan cocok untuk dipelihara adalah yang berukuran kecil. Alasannya, selain untuk mendapatkannya tidak menghabiskan banyak biaya, juga dalam pemeliharaannya tidaklah sulit.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis ikan hias kecil yang mudah dipelihara dan tak gampang mati, diantaranya:

1. Ikan guppy

Nama ikan yang satu ini sangat populer di dunia pecinta ikan hias. Tubuh ikan guppy berukuran kecil dengan bentuk kepala yang agak runcing. Sementara warna tubuhnya terang dan kontras, siripnya menjuntai indah.

Keunikannya inilah yang membuat kesan menawan jika ikan ini berada di dalam akuarium. Selain menawan, ikan hias air tawar berukuran kecil ini juga masih diminati masyarakat. Ikan ini sudah dikenal bisa bertahan hidup lama di dalam akuarium, meskipun tanpa menggunakan bantuan alat oksigen di dalamnya.

Namun untuk menambah nilai estetik, sebaiknya kamu memelihara ikan guppy dalam jumlah yang banyak.

2. Ikan platy

Jenis selanjutnya ada ikan platy. Ikan ini tergolong dalam ikan hias kecil air tawar yang mudah dirawat oleh pemula. Sama seperti ikan guppy, ikan platy juga bisa hidup tahan lama. Selain itu ikan ini juga dikenal sangat mudah berkembang biak.

Keindahan ikan ini bisa dinilai keindahannya dari bentuk ekor dan warna yang sangat mempesona.

3. Ikan molly

Ikan molly juga termasuk ikan hias kecil yang mudah dipelihara. Mereka juga dikenal mampu hidup tahan lama meskipun tanpa bantuan pompa oksigen. Ikan ini memiliki ukuran sekitar 12 cm saja.

Karakteristik ikan ini dikenal memiliki kepribadian yang kalem. Meski begitu, ikan ini tetap merupakan ikan yang pandai bergaul dengan ikan lainnya.

Selain itu, ikan molly juga dikenal tidak sulit dalam urusan pakan. Sobat Agri bisa memberinya pelet atau cacing beku, sebab semuanya menjadi makanan yang digemari ikan ini.

4. Ikan cupang

Mendengar nama ikan cupang tentu sudah sangat familiar bagi semua orang. Ikan ini memang menjadi salah satu ikan hias yang banyak dipelihara. Ikan ini memiliki keragaman warna yang sangat cantik dan memukau.

Hal inilah yang membuat para pecinta ikan hias meletakkan ikan cupang di dalam akuarium rumah. Memelihara ikan cupang juga bisa membuat ruangan rumah terlihat estetik.

Namun perlu diingat, jika ingin memelihara ikan cupang, sebaiknya pelihara dalam kondisi sendiri. Pasalnya, ikan cupang dikenal suka bertarung jika bersama dengan ikan cupang lainnya dalam satu akuarium.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Hias Kecil yang Mudah Dipelihara dan Tak Gampang Mati
Mengenal Ikan Neon, Ikan Hias Cantik dengan Harga Murah Meriah

5. Ikan neon

Ikan hias kecil lainnya yang tak kalah populer adalah ikan neon. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar tropis yang berasal dari perairan Amerika Selatan. Ikan neon memiliki warna tubuh biru dan ekor merah terang, layaknya lampu neon.

Keunggulannya ini membuatnya mampu menciptakan percikan warna yang sangat menarik dari dalam akuarium. Bahkan ikan yang juga dikenal dengan nama ikan injel sering disebut sebagai permata ikan hias kecil.

Video Terkait