Manfaat Besar Daun Ketapang yang Banyak Digunakan dalam Dunia Perikanan

Ilustrasi daun ketapang (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 20 September 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Ketapang atau nama latinnya dikenal Terminalia catappa, adalah tanaman yang sangat familiar di Indonesia. Biasanya tanaman ini tumbuh di pekarangan rumah.

Ciri-ciri pohonnya yaitu memiliki batang tinggi lurus dan daun yang berwarna hijau. Namun daun ini kemudian bisa berubah merah ketika akan gugur.

Tahukah Sobat Agri, tanaman yang satu ini ternyata menjadi incaran banyak orang, terutama pembudidaya perikanan. Hal ini dikarenakan tanaman ini terbukti memiliki segudang manfaat.

Manfaat daun ketapang dalam dunia perikanan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun ketapang untuk budidaya perikanan.

1. Budidaya sidat

Siapa yang menyangka, tanaman ketapang ternyata bermanfaat dalam budidaya sidat. Hal ini dikarenakan daun ketapang memiliki fungsi sebagai penjaga kestabilan tingkat keasaman air.

Selain itu ketapang diketahui dapat menyerap senyawa berbahaya di dalam air. Pasalnya di dalam daun ketapang terdapat kandungan tannin yang bermanfaat sebagai antibakteri alami.

2. Budidaya ikan patin

Selain sidat, daun ketapang juga punya peran penting dalam budidaya ikan patin. Seringkali ikan patin kerap diserang penyakit motile aeromonas septicaemia (MAS) yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila.

Penyakit ini dapat mengakibatkan kematian pada ikan patin hampir 100%. Hal ini tentu saja membuat pembudidaya merasa sangat cemas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tim Departemen Budidaya Perairan Institut Pertanian Bogor, mengatakan bahwa dengan penyuntikan 60 gram per liter daun ketapang selama 7 hari ternyata terbukti efektif mencegah serangan MAS.

Pemberian daun ketapang ini bisa mencegah kematian pada patin mencapai 6,67%. Sedangkan patin yang tidak diberikan ketapang, tingkat kematiannya lebih tinggi, yakni 13,33%.

Manfaat ini dikarenakan kandungan flavonoid pada daun ketapang dikenal dapat menghambat peradangan dan meningkatkan kerja organ penghasil darah.

3. Budidaya udang galah

Selanjutnya yaitu budidaya udang galah. Pemberian daun ketapang dalam kolam budidaya udang galah memberi sejumlah manfaat, diantaranya yaitu menaikkan pH air dan berperan sebagai antibiotik alami pada pembenihan udang galah.

Baca Juga: Manfaat Besar Daun Ketapang yang Banyak Digunakan dalam Dunia Perikanan
Anti Ribet! Begini Cara Mudah dan Sukses Budidaya Ikan Patin

Hal ini dikarenakan, menurut peneliti di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Salabintana, Sukabumi, Jawa Barat, Dasu Rohmana, di dalam daun ketapang ternyata mengandung zat tannin dan senyawa alkaloid yang berfungsi sebagai antibiotik.

Cara penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggantungkan 15 lembar daun ketapang pada pipa PVC yang membelah lebar kolam. Lalu biarkan daun-daun itu terendam di dalam air.

Lakukan pergantian daun ketapang setiap seminggu sekali, sebelum akhirnya siap dipindahkan ke kolam pembesaran.

Video Terkait