Lebih dari Manusia, Segini Jumlah Gigi Hiu Putih

Ilustrasi hiu putih. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 22 September 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Hiu memiliki jumlah gigi yang banyak dan tajam. Hal itulah yang membuat hiu termasuk hewan menakutkan bagi manusia.

Melansir Mental Floss, berapa banyak gigi yang terdapat pada hiu? Menurut Discovery, jumlah gigi sepasang rahang hiu putih seperti yang terlihat pada film Jaws (1975) sekitar 300.

Hal itulah yang membuat hiu putih besar menjadi ikonik dan spesies terbesar yang mengejar mangsa besar. Meski begitu, jumlah tersebut merupakan total yang dimiliki hiu bukan gigi yang mereka gunakan secara aktif untuk berburu dan mencari makan.

Meskipun mereka terlihat tangguh, gigi hiu relatif lemah dibandingkan dengan banyak hewan lain. Gigi hiu mudah patah atau aus, yang sepertinya akan menjadi masalah bagi pemangsa yang mengandalkan mulutnya untuk menjatuhkan mangsa.

Meski begitu, hiu telah mengembangkan sistem pengaman yang unik. Alih-alih menumbuhkan gigi yang lebih kuat, mereka telah mengembangkan cara untuk menggantinya dengan kecepatan yang mengesankan.

Banyak hiu, termasuk hiu putih besar, memiliki beberapa baris gigi yang terus berputar seperti ban berjalan. Gigi baru dipindahkan ke depan mulut dan gigi lama didorong keluar untuk memberi ruang.

Jadi, sementara hiu putih besar mungkin memiliki ratusan gigi, ia hanya memiliki 50 atau lebih gigi "aktif" pada waktu tertentu. Itu tidak lebih dari 32 gigi manusia dewasa.

Jumlah total gigi yang dihasilkan oleh seekor putih besar, bagaimanapun, merupakan pencapaian yang cukup besar. Hiu putih besar rata-rata dapat menggilir 20 ribu gigi selama hidupnya.

Baca Juga: Lebih dari Manusia, Segini Jumlah Gigi Hiu Putih
Jauh dari Kata Jorok, Begini Budidaya Lele dengan Metode Biogreen

Hiu putih besar memiliki rahang yang paling dikenal dan ditakuti dalam keluarga hiu, tetapi mereka tidak memenangkan permainan angka. Pasalnya, hiu dengan gigi paling banyak di mulutnya adalah hiu paus yakni 3000 buah.

Untungnya, raksasa lembut itu tidak menggunakan gigitan superlatifnya pada manusia. Meskipun mereka adalah hiu terbesar di laut, hiu paus sebagian besar hidup dari makanan udang dan plankton.

Video Terkait