Melihat Khasiat Teripang, Hewan Laut yang Sudah Lama Dijadikan Obat Herbal

Ilustrasi Sup Teripang Sebagai Obat Herbal (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 22 September 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Di negara Tiongkok dan Jepang telah lama mempercayai teripang sebagai salah satu obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Hewan invertebrata ini mempunyai berbagai kandungan nutrisi, protein, vitamin A, B2 dan B3. Serta berbagai mineral, seperti kalsium dan magnesium.

Selain itu, menurut Journal Marine Drugs, hewan yang disebut timun laut ini juga mengandung berbagai senyawa bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti asam palmitat, asam stearat dan asam linoleat yang merupakan jenis-jenis asam lemak yang merupakan antioksidan.

Mitos tentang manfaat teripang untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi dan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Mencegah Keriput

Manfaat teripang yang satu ini menjadi incaran para kaum hawa. Dikutip dari Prevention, penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa timun laut atau teripang yang sudah diolah menjadi ekstrak sangat baik bagi kulit. Ekstrak teripang mampu mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, dan kering pada kulit orang dewasa.

2. Mencegah Kanker

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan dengan tabung reaksi dari Bioorganic & medicinal chemistry letters, menunjukkan bahwa glikosida triterpen yang ada pada teripang memiliki efek toksik pada lima jenis sel kanker, termasuk sel kanker payudara, prostat, dan kulit .

Studi lain menemukan bahwa ds-echinoside A, sejenis triterpen yang berasal dari teripang, mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hati manusia. Namun, manfaat teripang yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektifitasnya.

3. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Studi yang dirilis pada jurnal BioMed Research International, menemukan bahwa teripang mengurangi stres oksidatif pada tikus. Pada manusia, menurunkan stres oksidatif mengurangi risiko masalah kesehatan seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Namun, kamu disarankan untuk menghindari memakan teripang jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau alergi terhadap makanan laut. Selain itu, ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi teripang.

Baca Juga: Melihat Khasiat Teripang, Hewan Laut yang Sudah Lama Dijadikan Obat Herbal
Meski Berkhasiat, Konsumsi Timun Laut Ternyata Bisa Timbulkan Efek Samping

4. Menguatkan Tulang

Manfaat teripang berikutnya baik dalam menjaga kekuatan tulang. Hal ini didukung dengan tingginya kandungan magnesium yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang. Dari banyaknya penelitian yang dilakukan, magnesium dapat membantu produksi tulang yang kuat.

5. Antimikroba dan Antijamur

Manfaat teripang yang terakhir adalah sebagai antimikroba dan antijamur. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak teripang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella typhi atau Staphylococcus aureus.

Hasil penelitian lain menyebutkan teripang mampu melawan Candida albicans, jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh.

Video Terkait