5 Hewan Laut yang Kemunculannya Menggegerkan Dunia

Ilustrasi Coelacanth, Ikan Purba di Manado (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 23 September 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - lautan luas masih menyimpan banyak misteri yang sampai saat ini masih terus digali oleh para ahli. Pasalnya, ada beberapa hewan laut yang sudah dinyatakan punah ternyata secara tak sengaja terlihat atau ditemukan.

Cukup banyak makhluk laut langka berwujud aneh lainnya terus hidup serta sesekali muncul di permukaan air. Tidak menutup kemungkinan jika masih banyak biota laut dengan tampak aneh yang belum teridentifikasi sampai saat ini.

Nah, berikut ini penemuan makhluk laut paling langka yang pernah ditemukan.

1. Naga Laut atau Oarfish

Dilansir dari Newsweek, dua peneliti konservasi laut asal Amerika Serikat, Tyler Dvorak dan Amy Catalano, pernah menemukan spesies ikan langka berjuluk Naga Laut yang terdampar di pesisir pantai pulau Catalina, Los Angeles.

Ikan yang bentuknya mirip naga itu bernama Oarfish dan memiliki panjang sekitar 6 meter. Kenapa disebut naga laut, karena yang mempunyai sirip berwarna merah dan jambul perak mirip seperti naga.

2. Chimaera, Ikan Bertanduk

Sebuah makhluk laut aneh dan langka kembali ditemukan, kali ini seekor jenis ikan langka bertanduk berhasil diangkat dari laut di wilayah Kanada.

Dilansir Softpedia, seekor ikan dengan tanduk gelatin abu-abu ini dijuluki Rhinochimaeridae atau dikenal chimaera berhidung panjang.

Berdasarkan Canadian University, ikan jenis ini benar-benar langka dan hanya satu spesies yang sama yang berhasil di dokumentasikan sebelumnya yang mana ditemukan di Selat Hudson.

Ikan langka dengan bentuk mirip monster berhidung panjang ini dilaporkan biasa hidup di perairan dalam, di bawah 1.000 hingga 2.000 meter dan sangat sulit untuk dijumpai.

3. Pari Roughtailed, Ikan dari Zaman Dinosaurus

Seorang pemancing bernama Mark Quartiano secara tak sengaja berhasil mengangkat seekor ikan purba langka dengan berat 400 kg. Ikan dengan bentuk mirip dinosaurus ini berhasil ditangkap di perairan Florida saat dirinya memancing.

Dilansir Softpedia, ikan ini diduga sudah ada sejak era Mesozoikum. Ketika diukur, ikan purba ini memiliki panjang 14 kaki atau 4,26 meter dan berbobot menakjubkan seberat 400 kg.

Berdasarkan hasil catatan dari Florida Museum of Natural History, mengatakan bahwa makhluk yang ditemukan ini merupakan ikan pari roughtailed atau dikenal sebagai centroura Dasyatis.

4. Coelacanth, Ikan Purba Perairan Manado

Ikan purba ini hanya dapat kamu temukan di perairan Manado Tua, Manado, Sulawesi Utara. Coelacanth merupakan ikan purba yang hidup pada 360 juta tahun yang lalu. Awalnya ikan ini telah dianggap punah pada 65 juta tahun silam.

Namun, sekitar tahun 1938 silam seekor Coelacanth hidup tertangkap oleh jaring hiu di Chalumna, Pulau Comoro, Afrika Selatan. Kemudian penemuan yang sama juga terjadi di Manado pada 1998 lalu.

Baca Juga: 5 Hewan Laut yang Kemunculannya Menggegerkan Dunia
Ngeri! Ini 7 Jenis Monster Prasejarah yang Pernah Hidup di Laut

5. Deepstaria Enigmatic, Monster laut yang Hidup di Kilang Minyak

Sosok monster laut ini berhasil ditangkap penampakannya oleh kamera sebuah tambang minyak lepas pantai. Dilansir Liveleak, makhluk ini tampak mengitari sebuah pipa dari tambang minyak bumi.

Saat ini, diperkirakan hewan yang memiliki bentuk tubuh mirip ubur-ubur ini merupakan salah satu spesies Deepstaria Enigmatic. Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967 oleh F.S. Russel. Hewan ini sendiri dilaporkan biasa hidup di laut antartika dengan kedalaman di antara 800 hingga 1800 meter.

Video Terkait