Jadi Komoditas Ekspor, Ini 5 Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia

Ilustrasi Rumput Laut (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Yoyok - Kamis, 8 September 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Biota laut yang dimiliki negara Indonesia jumlahnya sangat banyak dan beragam. Bukan hanya ikan saja di dalamnya melainkan juga ada rumput laut.

Beberapa tahun kebelakangan, tanaman laut yang satu ini banyak dijadikan sebagai salah satu komoditas ekspor yang sangat diunggulkan.

Hal ini tak lain karena jumlah produksi rumput laut yang dihasilkan Indonesia sangatlah besar. Diperkirakan dalam setiap tahunnya, rumput laut yang diproduksi bisa mencapai berjuta-juta ton. Bahkan seiring berjalannya waktu, jumlah ini terpantau selalu mengalami kenaikan.

Daerah penghasil rumput laut yang ada di Indonesia

Kira-kira daerah mana saja yang mampu menghasilkan rumput laut dalam jumlah terbanyak? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Nusa Tenggara Timur

Menurut data dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Nusa Tenggara Timur adalah daerah yang mampu memproduksi rumput laut dalam volume terbesar dari sekian wilayah di Indonesia.

Selain kuantitas, kualitas rumput laut yang dihasilkan oleh provinsi ini juga sangat bagus. Tak heran jika konsumen dari mancanegara banyak yang mengincar rumput laut dari provinsi ini.

Diketahui pada tahun 2007 hingga 2016 saja, rumput laut yang dihasikan daerah ini mampu mencapai lebih dari 2 juta ton. Jumlah tersebut terpantau terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan setiap tahunnya.

2. Nusa Tenggara Barat

Penghasil rumput laut terbesar kedua adalah Nusa Tenggara Timur, yang merupakan provinsi terdekat dengan Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan data yang ada, provinsi ini mampu menghasilkan rumput laut dalam jumlah yang besar.

Ditambah lagi perkembangan produksi rumput laut di provinsi ini berjalan dengan sangat baik, sehingga pemerintah melakukan upaya sebaik mungkin untuk memaksimalkan produksi agar berjalan optimal.

Diketahui pada tahun 2016 saja, jumlah produksi rumput laut di Nusa Tenggara Barat berkisar 900 ribu ton. Tentu jumlah tersebut sangat mencengangkan, mengingat luas Nusa Tenggara Barat tidak seluas provinsi lain yang ada di sekitarnya.

3. Sulawesi Tengah

Dari Pulau Nusa Tenggara kita masuk ke Pulau Sulawesi. Tepatnya provinsi Sulawesi Tengah menjadi daerah penghasil rumput laut terbesar ketiga di Indonesia. Provinsi ini mampu memanfaatkan secara optimal segala potensi budidaya alam yang ada di sekitarnya, termasuk menghasilkan rumput laut.

Provinsi ini juga dikenal mampu menghasilkan rumput laut berkualitas ekspor. Adapun daerah utama penghasil rumput laut di Sulawesi Tengah berada di Kabupaten Parigi Moutong.

Pada tahun 2019, kabupaten ini ternyata mampu memproduksi rumput laut dalam jumlah yang besar yaitu mencapai 13 ribu ton. Tentu saja jumlah ini jika digabungkan dengan daerah penghasil rumput laut di Sulawesi Tengah, akan menghasilkan nilai yang sangat fantastis.

4. Sulawesi Tenggara

Selanjutnya, penghasil rumput laut terbesar di Indonesia adalah Sulawesi Tenggara. Provinsi ini memiliki potensi besar dalam sektor perikanan, yang salah satu di dalamnya mencakup usaha pengembangan budidaya rumput.

Pada setiap tahunnya provinsi ini mampu memproduksi berjuta-juta ton rumput laut. Selain itu, nilai jual rumput laut termasuk tinggi di pasaran. Tak heran jika masyarakat pesisir Sulawesi Tenggara, menjadikan rumput laut sebagai salah satu komoditas andalan untuk dijadikan sebagai mata pencaharian utama penggerak perekonomian.

5. Sulawesi Selatan

Masih di pulau yang sama, selanjutnya ada Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai salah satu provinsi yang berhasil memproduksi rumput laut dalam juah terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Jadi Komoditas Ekspor, Ini 5 Penghasil Rumput Laut Terbesar di Indonesia
Kiprah Desa Sejahtera Astra Ekspor Rumput Laut Rp6,5 M

Meski hasil perikanan masih menjadi komoditas utama yang ada di provinsi tersebut, namun produksi rumput laut di daerah ini terus mengalami peningkatan yang sangat baik setiap tahunnya.

Berdasarkan informasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sulawesi, di awal tahun 2021 provinsi ini mampu menghasilkan rumput laut sebesar 935 ton. Tak heran sebab jumlah ini dihasilkan dari hampir seluruh kabupaten atau kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Video Terkait