Jangan Asal, Ini 5 Cara Tepat Memberi Pakan Ikan Mas

Ilustrasi memelihara ikan mas. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Rabu, 28 September 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Ikan mas merupakan salah satu ikan hias yang banyak disukai orang. Selain warnanya yang menyala, binatang satu ini juga menarik dengan bentuk tubuhnya yang tidak terlalu besar.

Namun, ada beragam cara untuk merawat ikan mas supaya bisa berumur panjang. Selain menjaga kebersihan air, akuarium dan asupan oksigen untuk ikan mas, pemberian makan juga penting diperhatikan.

Melansir Love To Know, ada sejumlah tips yang bisa diperhatikan untuk memberi makan ikan mas:

1. Waktu pemberian

Tips untuk memberi makan ikan mas adalah dengan menetapkan waktu makan. Contohnya, seseorang bisa memberikan ikan mas setiap hari di waktu yang sama seperti pukul 12.00. Dengan begitu, ikan akan belajar mengenali siapa yang memberi mereka makan dan muncul ke permukaan untuk diberi makan.

2. Ukuran makanan

Tips untuk memberi makan ikan mas juga bisa dengan ukuran makanannya. Beri makan ikan mas dua hingga tiga kali sehari dengan jumlah kecil hingga sekitar satu menit.

Ukur berapa banyak makanan yang harus ditambahkan setiap bagian dalam satu menit. Dengan begitu, ikan akan memakan apapun yang ada dan tidak meninggalkan sampah.

3. Camilan

Camilan juga bisa menjadi tips memberi makan pada ikan. Fungsi camilan adalah untuk mengurangi jumlah makanan yang berlebihan di akuarium hingga sebabkan tangki menjadi kotor.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Tepat Memberi Pakan Ikan Mas
Simak! Ini Tips Jitu Hilangkan Bau Amis pada Ikan

4. Berikan makanan yang berbeda

Berikan makan hanya satu sampai dua kali seminggu. Cobalah untuk berbagai makanan berbeda. Seperti manusia, ikan mas dapat memiliki selera dan preferensi makan yang berbeda.

5. Buang makanan yang tersisa

Buanglah makanan yang tidak dimakan karena dapat membusuk dan tidak sehat bagi ikan. Selain itu, limbah makanan dapat membuat akuarium kotor dan menjadi racun. Biasanya, setelah 15 menit memberi makan akan terlihat makanan-makanan yang tidak lagi dimakan oleh ikan.

Membuang makanan yang tidak dimakan juga akan membantu mengatur pola makan hewan peliharaan sehingga tidak berlebihan.

Video Terkait