Mengenal Kerapu Macan, Ikan Laut yang Kini Terancam Punah

Ilustrasi ikan kerapu macan. (istimewa)

Editor: Dera - Senin, 29 Agustus 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Ikan kerapu macan adalah salah satu jenis ikan kerapu yang menghuni perairan Indo-Pasifik. Habitat ikan ini yaitu pantai yang banyak ditumbuhi algae jenis reticulata dan Gracilaria spNamun setelah dewasa, mereka hidup di perairan yang lebih dalam dengan dasar pasar berlumpur.

Ikan dengan nama ilmiah Epinephelus fuscoguttatus ini . Namun rusaknya habitat membuat ikan ini berstatus terancam punah.

Spesifikasi Ikan Kerapu Macan

Ikan kerapu macan sering juga disebut ikan karang. Hal ini dikarenakan ikan ini menghuni perairan terbuka, laut dangkal, kawasan pasang-surut, terumbu karang dan laguna pantai. menjadi komoditas yang populer di Indonesia

Ukuran tubuhnya cukup besar, bahkan untuk ukuran dewasa bisa mencapai lebih dari dua meter. Dalam kesehariannya, mereka gemar bergerombol dan selalu aktif mencari pakan.

Kerapu macan termasuk dalam jenis ikan karnivora yang mempunyai cara unik saat makan. Mereka akan mengamati umpan di depannya, kemudian melesat sangat cepat untuk menyergapnya. Setelah itu kerapu macan akan menariknya ke tempat persembunyian untuk dimakan.

Pada aktivitas ini, organ yang digunakan adalah mata, karena kemampuan mata untuk mengidentifikasi suatu benda yang masuk ke area pandangnya akibat intensitas sinar yang mengenai benda tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Kerapu Macan, Ikan Laut yang Kini Terancam Punah
Ketahui Ciri Ciri Ikan Kerapu Macan Berdasarkan Genusnya

Adapun jenis pakan kerapu macan adalah jenis krustaceae seperti rebon, dogol dan krosok, serta ikan-ikan kecil seperti tembang, teri dan belanak. 

Namun jika pemberian pakannya kurang terpenuhi, misalnya ukuran yang kecil di bawah empat centimeter, ikan ini ternyata bisa memangsa temannya sendiri untuk dimakan alias kanibal.

Video Terkait